1. Kimchi (Kubis Pedas Fermentasi)

Kimchi (김치) merupakan makanan khas Korea yang paling populer. Makanan yang berupa kubis pedas yang difermentasi merupakan sumber dari bakteri Lactobacillus yang baik dalam menjaga pencernaan. Kimchi juga kaya akan vitamin A yang dapat menyingkirkan bahan kimia di dalam tubuh yang bisa menyebabkan kanker. Lalu bawang putih yang banyak digunakan pada kimchi akan menjaga kulit dan rambut tetap sehat, sekaligus mencegah penuaan dini.

2. Doenjang (Pasta Kacang Kedelai)

Doenjang (된장) memilki banyak manfaat kesehatan dan kecantikan seperti halnya kimchi, karena sama-sama melalui proses fermentasi. Doenjang diperoleh dari fermentasi kacang kedelai yang disimpan dalam kendi besar selama beberapa waktu hingga menjadi pasta. Doenjang merupakan sumber asam linolenat yang dapat mencegah pembentukan melanin, sehingga bisa menyembuhkan bintik-bintik dan perubahan warna pada kulit. Sementara itu, kandungan isoflavon pada doenjang  akan membantu menciptakan materi tulang baru untuk kesehatan tulang. Doenjang kini bisa diperoleh dalam kemasan praktis dan banyak dijual di supermarket di Korea, bahkan ada yang telah diimpor ke Indonesia.

source: maangchi.com


 

3. Kkaet-ip (Wijen dan Daun Perilla)

Kkaet-ip (깻잎) merupakan perpaduan antara daun perilla dengan taburan wijen. Biasanya disajikan sebagai hidangan pelengkap atau banchan seperti halnya kimchi. Meskipun tampak sederhana, tapi kkaet-ip ternyata sangat kaya akan mineral dan vitamin seperti kalsium, mangan, tembaga, besi, dan vitamin E yang baik untuk kesehatan tubuh dan kulit.

4. Miyeokgook (Sup Rumput Laut)

Miyeokgook (미역국) atau sup rumput laut sangat populer dihidangkan di hari ulang tahun. Mikeyokgook juga sering dilambangkan sebagai makanan kesehatan dan kecantikan yang baik, karena mengandung limpahan vitamin B1 dan B3, yodium, kalsium, serat, serta asam omega. Nutrisi-nutrisi itu bisa membantu dalam mendapatkan kulit yang sehat dan cantik dalam waktu bersamaan.

source: recipeshubs.com

5. Boricha (Teh Barley)

Boricha (보리차) merupakan teh barley yang khas dijumpai di rumah-rumah orang Korea. Setelah diproses menjadi teh, biasanya akan disimpan di dalam kulkas karena bisa dibilang jika boricha adalah minuman pokok orang Korea selain air putih. Boricha kaya akan antioksidan sehingga bisa mencegah keriput. Keunggulan lainnya karena boricha bebas kafein, rendah kalori, serta memiliki sifat anti bakteri yang dapat mencegah kerusakan gigi. Boricha bisa dibeli dalam kemasan yang nantinya diolah sendiri. Jadi kalau kamu ke Korea, jangan lupa masukkan boricha dalam list belanjaanmu.