Chaturanga Dandasana

Kesalahan yang sering terjadi dalam melakukan pose ini adalah:

  • Sikut mengarah keluar dari tubuh 
  • Pinggang tidak sejajar dengan tubuh, sehingga membuat beban semakin bertambah berat pada tubuh bagian depan
  • Bahu maju ke depan untuk menahan beban
http://yogabycandace.com/

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam melakukan posisi Chaturanga Dandasana yang baik:
  1. Posisikan tubuhmu seperti sedang melakukan push-up (telapak tangan menyentuh lantai & bertumpu pada ujung jari kaki)
  2. Sejajarkan tubuh dari ujung kaki sampai ujung kepala
  3. Hirup nafas lalu hembuskan sembari menurunkan sedikit demi sedikit dada ke arah lantai, namun dengan posisi tubuh tetap tegak dari kaki sampai kepala
  4. Turunkan dada sampai telapak tangan berdekatan dengan tubuh, namun jangan sampai menempel lantai.
Manfaat yang kita dapat dalam mempraktekan Chaturanga Dandasana adalah untuk melatih otot bahu, perut, lengan dan punggung lebih kencang dan kuat.

 

Bhujangasana

Kesalahan yang sering terjadi pada pose ini adalah:

  • Lengan mengapit di dada, sehingga beban tertumpu pada tangan
  • Kepala menengadah ke atas, seharusnya menghadap lurus ke depan
  • Paha menempel pada lantai (menjadikannya tumpuan beban)
http://yogabycandace.com/

Langkah-langkah dalam melakukan pose Bhujangasana :
  1. Tubuh menghadap terlungkup ke arah lantai
  2. Posisikan lengan di samping bahu dan rapatkan kedua kaki
  3. Secara perlahan angkat tubuh bagian atas dengan kekuatan otot punggung hingga kepala menghadap lurus kedepan
  4. Tangan hanya dijadikan sebagai tumpuan agar tidak terjatuh ke depan
Bhujangasana melatih kekuatan dan kelenturan tulang belakang, mengurangi sakit punggung dan mengurangi lemak di perut, tertarik untuk mengecilkan perut?
 

Plank Pose

Sekilas pose plank memang terlihat mudah, namun ternyata masih banyak orang yang salah melakukan gerakan ini. Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang sering terjadi pada pose plank adalah:

  • Pinggang sejajar dengan bahu, bahkan terkadang melebihi bahu
  • Hanya lengan & telapak tangan yang menanggung beban
  • Dada tertekan kedalam akibat bahu terlalu mendekati telinga
http://yogabycandace.com/

Langkah-langkah yang mudah dalam melakukan pose plank yang baik dan benar:
  1. Posisikan tubuhmu seperti sedang merangkak dan sejajarkan kedua kaki dengan bahu
  2. Gunakan ujung kaki dan kedua tangan sebagai tumpuan 
  3. Posisi tubuh harus tegak
Melakukan gerakan plank secara rutin dapat membentuk otot perut, lengan, paha dan bahu, sehingga dapat membuat tubuh bebas dari lemak yang membandel. 
 

Upavistha Konasana

Berikut ini beberapa kesalahan yang sering terjadi pada pose Upavistha Konasana:

  • Posisi tubuh bungkuk
  • Dengkul menekuk agar mudah di jangkau oleh tangan
  • Jari kaki menguncup kedepan
  • Tangan hanya berusaha menyentuh telapak kaki
http://yogabycandace.com/
http://yogabycandace.com/

Melakukan Pose Upavistha Konasana memang membutuhkan latihan terus menerus agar dapat melakukannya dengan sempurna, berikut uraian untuk melakukan pose ini:
  1. Duduk dengan tegak & rentangkan kedua kaki
  2. Tundukan tubuh hingga tanganmu dapat meraih telapak kaki lalu tunggu beberapa menit, lalu lepas kan tangan
  3. Angkat kakimu, raih telapak kaki dengan tangan dan tetap tahan pada posisi tersebut
  4. Posisikan punggung dan kaki tetap tegak
Bagi pemula pose ini memang sangat sulit, apalagi jika otot mulai kaku sehingga akan terasa sedikit nyeri. Bila sudah terbiasa, pose ini sangat bermanfaat karena banyak bagian otot tubuh yang tertarik & tubuh akan terasa ringan dan segar.

Ardha Candrasana

Berikut kesalahan yang sering terjadi: 

  • Kaki hanya diangkat sebagian
  • Telapak tangan menyentuh lantai
  • Bahu tertekan ke bawah karena menahan beban lengan yang terangkat
  • Telapak tangan kiri menghadap kaki dan jari tangan merapat
http://yogabycandace.com/

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam melakukan pose Ardha Candrasana:
  1. Berdirilah dengan tegak lalu langkahkan kaki kanan ke depan
  2. Letakkan tangan kiri di pinggang (berkacak pinggang) lalu jari-jari pada tangan kanan pelan-pelan menyentuh lantai
  3. Hadapkan kepalamu ke kiri, lalu diikuti pinggul dan bahumu
  4. Perlahan angkat kaki dan tangan kiri
  5. Putar telapak tangan kiri menghadap ke kiri dan rentangkan kelima jarinya
 
Pose ini membantu kita menyeimbangkan tubuh, dengan berlatih secara bergantian antara kanan dan kiri maka otot bagian tubuh kiri akan sama kuatnya dengan bagian tubuh kanan.

Tertarik untuk langsung mempraktekan sendiri?