1. Rajin Melakukan Scrub Bibir

Scrub bibir dilakukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Permukaan bibir yang kasar karena kulit mati membuat lipstik sulit menyatu dan semakin terlihat pecah-pecah. Kamu bisa menggunakan scrub bibir khusus atau menggunakan scrub bibir alami yaitu dengan gula dan minyak zaitun. Gosok secara perlahan agar tidak menimbulkan luka dan membuat permukaan bibir jadi lebih halus. 
 

source: http://www.racunwarnawarni.com/2015/04/review-gulaco-yummy-lip-scrub.html

2. Oleskan Lip Balm Sebelumnya

Oleskan lips balm ke seluruh permukaan bibir sebelum menggunakan lipstik. Diamkan selama 3 menit agar kandungannya meresap ke dalam bibir. Gunakan lip balm secukupnya dan tidak terlalu banyak karena bisa membuat lipstik matte jadi bertekstur creamy bahkan menjadi glossy. 
 

source: http://perawatankulitmu.com/manfaat-menggunakan-lip-balm.html

3. Pakai Lip Primer Setelahnya

Selain pelembab bibir, aplikasikan juga lip primer. Fungsi lip primer dapat membentuk lapisan antara kulit bibir dan lipstik sehingga tidak membuat bibir jadi kering. 
 

source: http://www.ulta.com/ulta/browse/productDetail.jsp?productId=xlsImpprod6380171

4. Kombinasikan Lipstik dengan Lip Liner

Setelah itu, aplikasikan lipstik matte di seluruh permukaan bibir. Bila ingin bibir tampak lebih tebal kamu bisa menggunakan lip liner terlebih dahulu. Lip liner juga dapat mencegah lipstik keluar dari garis bibir. Pilih lipstik matte yang tahan lama dan warna yang menarik sesuai dengan kegiatan yang akan kamu lakukan. 
 

source: http://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20150902145434-277-76190/trik-memakai-lipstik-merah-tanpa-terlihat-lebih-tua/