Cantik di Wajah

Saat liburan, kamu tidak perlu menggunakan tata rias yang tebal seperti ketika kamu bekerja, karena liburan adalah saatnya kamu bersantai memanjakan diri. Bawa dan gunakan kosmetik di bawah ini agar wajah tetap cantik saat liburan sekalipun :

1. Bedak, Lipstik dan Maskara
Jangan lupakan 3 hal penting ini, ya. Apalagi jika liburan kali ini kamu mengajak teman atau sahabat. Pasti saat berfoto, kamu ingin tampil cantik, bukan? Pilih warna bedak dan lipstik yang natural. Jika alismu tipis, jangan lupa juga membawa pensil alis ya.

2. Eyeliner Waterproof
Gunakan eyeliner yang waterproof supaya tidak mudah luntur oleh keringat. Bahkan pada merk tertentu ada yang bisa dibawa untuk berenang dengan nyaman.

3. Blush on
Blush on memang tidak ada yang tahan air, tetapi sekarang ini dapat disiasati dengan membubuhkan 2 jenis blush on pada wajah. Pertama, beri warna dasar dengan tekstur krim, kemudian disusul dengan blush on dalam bentuk padat. Pastikan warnanya sama atau setidaknya mendekati. Teknik ini akan membuat blush on lebih tahan lama. Gunakan warna yang natural, supaya terlihat lebih alami.

4. Kertas Minyak
Jika wajahmu termasuk kulit yang berminyak, sesekali tempelkan wajahmu dengan kertas berminyak, supaya kamu tidak terlihat kusam. Kelebihan minyak pada wajah, dapat membuat kulit tampak lebih kusam dan tidak bercahaya.

5. Pelembap Wajah
Sebelum kamu menggunakan riasan, oleskan pelembap wajah tertentu yang mengandung UV, yang dapat kamu pilih untuk menghalangi sinar matahari menerpa wajahmu secara langsung. Sinar matahari tidak baik jika terkena langsung ke wajah, karena akan menimbulkan noda hitam.

6. Pelembap Bibir
Di luar ruangan, kulit wajah dan bibir cenderung kering dan pecah-pecah. Oleskan pelembap bibir yang mengandung perlindungan terhadap sinar UVA dan UVB. Selain itu, minum air putih yang cukup akan membantu menetralisir kekeringan yang terjadi.

7. Obat Jerawat
Bawalah obat jerawat untuk berjaga-jaga agar kamu tidak panik jika tiba-tiba jerawat membandel. Saat kamu liburan, tidak nyaman rasanya jika kamu harus mencari-cari obat jerawat di sekitar lokasi liburanmu.

8. Kacamata Hitam
Gunakan kacamata UV untuk menghalangi pandangan yang menyilaukan di siang hari, terutama jika liburanmu di pantai atau laut.

Kulit Tetap Sehat dan Lembab

1. Sunblock
Setelah perlindungan wajah, perlindungan tubuh dari sinar UVA dan UVB juga perlu, lho. Sunblock tidak hanya digunakan di udara panas seperti di pantai atau laut. Saat di kota yang tampak sejuk pun, tetap ada sinar matahari, kan? Oleh sebab itu, sunblock sangat penting melindungi tubuh dari paparan sinar matahari langsung. Oleskan ke seluruh bagian tubuh yang terbuka secara merata agar tidak ada bagian tubuh yang gelap setelah liburan berakhir.

2. Body Lotion
Akan lebih baik jika body lotion yang kamu pakai sudah seperti sunblock yang dapat melindungi tubuh. Tak ada salahnya membawa juga body lotion yang khusus digunakan untuk malam hari. Jika menginap di hotel atau keluar malam dengan udara yang dingin, body lotion akan melindungi tubuh dari kulit kering. Dengan memakai body lotion, tubuh akan tetap lembab ketika kamu bangun pada keesokan harinya.

Perawatan Rambut

Rambutmu akan butuh perlindungan ekstra saat liburan karena banyak berada di luar ruang. Terpaan dan teriknya sinar matahari, air kolam renang yang berkaporit, dan air laut yang terlalu asin dapat membuat rambut kusam dan tidak berkilau. Apa saja yang perlu dibawa untuk membuat rambut tetap cantik ?

1. Sampo
Sampo yang mengandung kondisioner dapat melindungi rambut selama berada di bawah sinar matahari. Sebelum berenang, gunakan leave in conditioner untuk mencegah kaporit yang menempel dan merusak sel-sel rambut. Setelah berenang, bilas rambut dengan sampo yang berkondisioner sebanyak 2x untuk mencegah kaporit masih menempel di rambut. 

2. Serum Rambut
Gunakan serum rambut untuk melindungi rambut dari paparan sinar UV yang dapat membuat sel-sel rambut rusak lebih cepat.
 

Rawatlah tubuh dan wajahmu agat tetap cantik dengan membawa makeup yang tepat, tanpa mengurangi makna liburanmu.