1. Bawang Putih

Tidak semua orang menyukai aroma bawang putih. Namun sebenarnya, makanan ini memiliki berbagai manfaaf yang besar. Bawang putih telah digunakan untuk membuat hidangan kuliner dan obat selama berabad-abad dan kaya akan senyawa allicin, sulfur, zinc, dan kalsium serta menjadi sumber mineral yang kaya selenium. 

Allicin adalah zat yang meningkatkan kadar antioksidan, sehingga baik dalam memerangi efek radikal bebas yang menyebabkan kerusakan kulit. Mencegah penuaan dini dan memerangi garis-garis halus serta kerutan. Kandungan sulfur melancarkan aliran darah yang berdampak pada kulit yang cerah berseri. Tidak hanya baik untuk kulit, bawang putih juga baik bagi rambut. Bawang putih dapat mengurangi rambut rontok dan merangsang pertumbuhan rambut baru. 

Untuk mengaplikasikan pada wajah, cukup dengan menghaluskan beberapa siung bawang putih kemudian mengoleskannya pada wajah. Setelah beberapa saat, bilas dengan air bersih. Penggunaan yang teratur akan mengurangi kerutan dan mencegah kerutan atau tanda penuaan dini. 

Tidak hanya baik bagi untuk mengatasi masalah penuaan dini, bawang putih mempunyai segudang manfaat lainnya. Contohnya sebagai anti-kanker, anti-bakteri, memperlancar aliran darah, mencegah hipertensi, dan menurunkan berat badan berlebih. Namun, perlu diingat untuk tidak mengonsumsi bawnag putih secara berlebihan. Bawang putih mentah dapat memiliki efek samping: bau mulut, sensasi terbakar di mulut atau perut, mual, muntah, bau badan, serta diare. Konsumsi dengan takaran yang sewajarnya sehingga manfaat yang diperoleh juga maksimal.
source: http://manfaat.co.id/12-manfaat-bawang-putih-bagi-kesehatan-kulit-teruji

2. Mentimun

Mentimun biasanya disajikan bersama dengan lalapan. Namun siapa sangka, mentimun yang biasanya hanya disajikan sebagai pelengkap makanan, memiliki berbagai kandungan yang baik untuk kesehatan, juga memiliki efek anti-aging. Hal ini dikarenakan mentimun kaya antioksidan seperti vitamin C, beta karoten, flavonoids, mangan, lignans, dan pottasium.

Antioksidan yang dikandung dalam mentimun, juga terbukti bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh serta menangkal radikal bebas. Hal ini tentu saja baik untuk kesehatan kulit dari efek buruk lingkungan. Irisan bauh mentimun dapat menyegarkan kulit serta membantu menghilangkan lingkaran hitam di bawah mata.

Selain itu, kandungan mentimun juga membantu mengurangi iritasi serta zat-zat racun dalam tubuh. Kadungan air dalam mentimun juga sangatlah baik untuk mencegah dehidrasi kulit sehingga kelembaban kulit senantiasa terjaga. Dengan begitu, kulit terhindar dari penuaan dini serta keriput. 

Anda dapat mengonsumsi menimun secara langsung atau mengonsumsi bersamaan dnegan makanan lain.

source: https://fahmyramdani.blogspot.co.id/2015/09/7-manfaat-mentimun-untuk-kulit-wajah.html

3. Alpukat

Alpukat sudah tidak diragukan lagi sebagai slaah satu buah yang memiliki manfaat besar bagi kesehatan dan baik bagi kulit. Zat antioksidan yang ditemukan dalam buah alpukat seperti karotenoid, vitamin E, dan vitamin C, bermanfaat dalam membantu tubuh dari adanya efek radikal bebas.

Salah satu karotenoid yang disebut lutein meningkatkan kadar air dan meningkatkan elastisitas kulit, serta mengurangi kerusakan pada lipid kulit. Kandungan Vitamin E akan melindungi kulit dari efek sinar ultraviolet. Selain itu, kandungan vitamin C dapat menghasilkan kolagen, yang merupakan senyawa struktural utama dan sumber elastisitas dan kekencangan kulit. Kandungan lemak tak jenuh yang ada pada alpukat juga baik bagi kulit sehingga kulit lebih lembut, terjaga dari efek buruk lingkungan serta terjaga kelembabannya.

Kamu juga dapat mengaplikasikan buah alpukat sebagai scrub, masker ataupun dikonsumsi secara langsung sehingga manfaat yang ada dalam alpukat dapat lebih terserap tubuh.

source: http://antiagingkulit.com/manfaat-alpukat/

4. Brokoli

Brokoli sering kita temukan pada masakan seperti cap jay. Di balik rasanya yang renyah ternyata sayuran ini mengandung banyak sekali nutrisi antara lain vitamin E, vitamin C, provitamin A, karatenoid, asam folat, protein, karbohidrat, kalsium, zat besi serta kromium. Brokoli memiliki asam amino sulfur, dan vitamin C. Sehingga mampu menghilangkan radikal bebas atau racun dari dalam tubuh, serta melindungi dari pengaruh buruk lingkungan dan sinar ultraviolet. 

Selain baik bagi kulit, brokoli juga memiliki manfaat besar sebagai makanan sehat yang berfungsi anti kanker, mengontrol diabetes, menjaga pengelitahan agar tetap baik, menjaga kehamilan serta dapat dijadikan menu diet sehat.

source: http://www.sikeke.com/15-manfaat-brokoli-untuk-kesehatan-dan-kecantikan.html

5. Jahe

Salah satu rempah yang sering kita temukan pada minuman hangat ini ternyata memiliki khasiat luar biasa yang mungkin jarang disadari oleh kebanyakan orang. Selain sebagai bumbu dapur, jahe berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Tanaman rempah ini juga dapat mempercantik kulit dan memiliki kandungan anti penuaan.

Kandungan chiorogenic acid dan farnesal pada jahe memiliki khasiat anti penuaan. Jahe juga mengandung zat shogaol dan zingiberene yang berfungsi sebagai antioksidan. Sekaligus dapat menstimulasi dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru sehingga dengan cepat meregenerasi sel dan menggantikan sel-sel kulit yang mati. 

Selain baik bagi kecantikan kulit, jahe juga bermanfaat untuk mencegah peradangan, penyakit perut, jantung serta meningkatkan imunitas. Kamu dapat mengonsumsi jahe sebagai minuman, dimasak bersama bahan lain ataupun dengan mengolah sebagai masker wajah bersama bahan alami lainnya.

source: http://cegahpenuaandini.blogspot.co.id/2015/02/7-ramuan-herbal-yang-ampuh-untuk-memperlambat-proses-penuaan-kulit.html