Di era yang modern ini segala sesuatu berkembang dengan sangat pesat. Lingkungan yang tadinya asri dan bersih pun telah dipenuhi dengan polusi. Polusi udara, air, serta berbagai macam pencemaran lingkungan lainnya menjadi sebuah momok yang mengancam kesehatan siapa saja. Perubahan gaya hidup dan iklim yang tidak menentu dapat memberikan dampak yang semakin buruk bagi kesehatanmu. Apalagi jika kamu kurang memperhatikan gaya hidup sehat.

Kesehatan merupakan aset investasi jangka panjang yang terpenting dalam hidup. Ada yang mengatakan bahwa sehat itu mahal. Tapi percayalah, sakit jauh lebih mahal harganya. Menjaga kesehatan memang sudah seharusnya dijadikan sebagai gaya hidup sehari-hari. Untuk itu kita harus pintar-pintar membagi waktu dengan rutinitas yang padat dan menjaga kesehatan tubuh agar kita senantiasa bugar dan tetap fit dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Berikut merupakan empat cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga agar tubuh tetap sehat.
 

source: http://sharingdisana.com/2013/09/17/cara-menjaga-kesehatan-ginjal/

1. Mengatur Pola Makan yang Sehat, Olahraga dan Istirahat yang Cukup

Pola makan, olahraga, dan istirahat yang cukup merupakan tiga aspek penting dalam menjaga kesehatan. Berbagai dampak buruk bagi kesehatan dapat muncul jika ketiganya tidak diatur secara seimbang. Makanlah makanan bergizi dengan nutrisi yang seimbang. Hindari mengonsumsi minuman beralkohol, soda serta junkfood. Berolahraga minimal 3 kali dalam seminggu dan tidur minimal 7-9 jam sehari dapat membantu menjaga kebugaran jasmani.

source: http://www.tokoaryanto.com/cara-mudah-menjaga-kesehatan-tubuh/

2. Perbanyak Minum Air Putih

60% dari tubuh kita terdiri dari air. Dalam tubuh kita air tidak hanya terkandung dalam darah, melainkan juga terkandung dalam cairan intrasel maupun ekstrasel. Air berfungsi untuk memperlancar proses metabolisme kita dalam mengolah makanan yang kita konsumsi menjadi energi yang digunakan untuk beraktivitas. Air dalah jumlah yang cukup juga diperlukan tubuh kita untuk proses pencernan, menyeimbangkan ion tubuh, menyegarkan tubuh dan berbagai manfaat lainnya. Untuk itu kita disarankan mengonsumsi air putih minimal 2 liter sehari atau sekitar 8 gelas, untuk menjaga pasokan air dalam tubuh kita tetap seimbang. Kekurangan cairan tubuh juga dapat menyebabkan berkurangnya konsentrasi kita saat beraktivitas.

source: http://sharingdisana.com/2013/09/17/cara-menjaga-kesehatan-ginjal/

3. Latihan Kardio untuk Mencegah Obesitas

Jika kamu mengalami obesitas, ada baiknya untuk latihan kardio secara teratur demi mengurangi kelebihan lemak. Beberapa latihan kardio ringan yang dapat dilakukan contohnya seperti jalan cepat, jogging, bersepeda, dan masih banyak lagi.

source: https://solusikesehatankita.wordpress.com/2013/06/05/cara-menjaga-kesehatan-tulang/

4. Melakukan Diet yang Sehat

Diet sehat secara sederhana yang dapat dilakukan dengan banyak cara, contohnya hindari mengonsumsi makanan berlemak secara berlebihan, membatasi makanan berpengawet dan mengandung MSG, menghindari makanan tinggi kalori secara berlebihan, dll. Namun kamu tetap perlu memperhatikan kondisi tubuh. Diet yang terlalu ketat dan tidak sesuai dengan kondisi tubuh justru akan memberikan dampak buruk bagi kesehatanmu.

source: https://www.deherba.com/kiat-sehat-dan-aman-menjaga-kesehatan-jantung.html
Makan makananmu sebagai obat. Jika tidak, obat akan jadi makananmu - Pepatah Inggris
source: https://www.deherba.com/kiat-sehat-dan-aman-menjaga-kesehatan-jantung.html

Itulah beberapa kiat yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan. Ingat, hidup sehat itu investasi masa depan!