Kurma

Kurma sering disajikan sebagai takjil di bulan puasa. Kurma sendiri memiliki berbagai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan apabila kita mengonsumsi secara rutin. Berikut bebarapa manfaat kurma bagi kesehatan:

1. Mengandung Mineral yang Sangat Tinggi

Kurma adalah makanan super dengan kandungan mineral tinggi yang berfungsi untuk memperkuat tulang serta melawan penyakit osteoporosis atau penyakit tulang lainnya. Kurma mengandung selenium, mangan, tembaga, dan magnesium yang merupakan komponen untuk menunjang proses pertumbuhan dan kekuatan tulang.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Kurma juga kaya akan pottasium yang terbukti dapat mengurangi risiko penyakit stroke dan penyakit lain yang berhubungan dengan jantung. Mengonsumsi kurma secara rutin juga merupakan cara  yang menyehatkan dan lezat untuk mengurangi tingkat kolesterol LDL dalam tubuh. Dengan mengonsumsi buah kurma sebanyak 2 kali seminggu, maka hal ini dapat menjaga kesehatan jantung secara signifikan.

3. Mencegah Terjadinya Gangguan Usus

Nikotin yang terkandung dalam kurma bermanfaat dalam menyembuhkan berbagai macam gangguan usus, membantu perkembangan organisme patologis, serta menstimulasi bakteri yang bermanfaat bagi tubuh pada usus. Kurma juga mengandung serat yang larut dan tidak larut, serta asam amino yang bermanfaat untuk menstimulasi pencernaan makanan. Sehingga penyerapan nutrisi lebih efisien dan lebih optimal.

source: http://www.akuinginsukses.com/14-manfaat-kurma-yang-menakjubkan/

4. Menjaga Sistem Saraf

Kurma mengandung vitamin yang dapat meningkatkan kesehatan serta mengoptimalkan  fungsi sistem saraf. Potassium merupakan zat yang dapat meningkatkan sistem saraf agar selalu sehat dan responsif. Selain itu, pottasium juga berfungsi untuk meningkatkan kecepatan dan kesiagaan aktivitas otak. Sehingga kurma adalah sumber makanan yang baik bagi manula dan kamu yang ingin menjaga ketajaman pikiran mereka.

Madu

Madu memiliki banyak sekali manfaat yang berguna bagi tubuh manusia. Madu juga termasuk makanan yang mudah didapat dan lezat rasanya. Berikut beberapa manfaat madu bagi kesehatan manusia:

1. Menurunkan Glukosa dan Kolestrol dalam Darah

Meskipun madu lebih manis daripada gula, madu memiliki indeks glikemik rendah karena diserap dalam aliran darah secara bertahap. Oleh karena itu, madu merupakan alternatif pemanis yang paling aman dibandingkan gula ataupun gula sintetis. Madu juga dapat menurunkan glukosa darah, serta mineral dan vitamin alami dalam madu juga dapat membantu menurunkan kadar LDL (kolesterol buruk) dalam tubuh.

2. Memiliki Zat Antioksidan Tinggi

Madu memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi sehingga dapat menjaga tubuh dari serangan radikal bebas. Bahkan, hasil penelitian menunjukkan bahwa antioksidan "pinocembrin" hanya dapat ditemukan di dalam madu. Hal ini membuat tubuhmu lebih sehat, terhindar dari penyakit, serta terlihat lebih awet muda.

3. Membantu Tubuh Melawan Bakteri

Dalam hasil studi klinis, madu terbukti dapat membunuh patogen penyakit seperti E. coli dan salmonella, serta methicillin-resistant Staphylococcus aureus dan Pseudomonas aeruginosa yang keduanya mungkin terdapat di rumah sakit atau klinik.
 

source: http://mustakim.staff.ub.ac.id/sample-page/7-manfaat-madu-untuk-kesehatan/

4. Bahan Alami Kecantikan

Tidak hanya untuk kesehatan, namun madu juga digunakan sebagai bahan alami untuk menunjang penampilan. Hal ini dikarenakan kandungan yang terdapat dalam madu terbukti dapat mencegah penuaan dini, mencegah kulit keriput serta mengurangi efek kulit kehitaman saat tua. Tidak hanya untuk kulit, madu juga bermanfaat besar bagi rambut karena dapat membuat rambut lebih kuat dan mengatasi rambut bercabang dan lebih lurus

Alpukat

Alpukat merupakan buah yang memiliki banyak manfaat serta memiliki rasa yang nikmat. Ada yang berpendapat bahwa alpukat itu mengandung lemak sehingga tidak baik dokonsumsi, namun kenyataannya, pernyataan itu tidaklah tepat. Mari kita bahas manfaat yang dikandung dalam buah ini.

1. Mengandung Lemak Tak Jenuh Tunggal

Memang benar jika alpukat mengandung lemak, namun lemak tinggi pada alpukat merupakan lemak tak jenuh tunggal atau dapat disebut dengan "lemak baik ". Sehingga dapat membantu menjaga kesehatan jantung, serta menurunkan tekanan darah.

2. Membantu Proses Penyerapan Nutrisi

Alpukat mengandung karotenoid yang termasuk beta karoten dan likopen, merupakan nutrisi penting bagi kesehatan tubuh manusia. Peningkatan ini bisa terjadi karena nutrisi dan enzim dalam alpukat bekerja mengurangi peradangan lambung dan peradangan pada lapisan mukosa usus halus. Sehingga kamu tidak hanya mendapatkan manfaat dari buah alpukat, namun juga mendapat menfaat yang lebih besar dari proses penyerapan nutrisi yang optimal dari makanan lain yang dikonsumsi

3. Sumber Vitamain E yang Sangat Tinggi

Vitamin E merupakan vitamin penting untuk membantu menjaga kesehatan secara keseluruhan. Vitamin E juga memiliki efek positif untuk mengatasi penyakit jantung, stroke, pencegahan kanker, dan pengembangan katarak. Selain itu, vitamin E juga sangat bermanfaat bagi kulit manusia dan mencegah penuaan dini

4. Makanan Bagi Otak

Alpukat dapat membantu mengurangi risiko terkena Alzheimer. Omega 3 serta vitamin E yang secara alami ada dalam alpukat telah terbukti secara klinis mampu menghentikan laju penyakit Alzheimer, dan bahkan mungkin bisa mengembalikan ke tahap sangat awal. Selain itu, kulit tebal yang dimiliki alpukat juga membuat daging buah ini sangat terlindungi dari pestisida.

source: http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/10-manfaat-makan-buah-alpukat-bagi-kesehatan.html

Teh Hijau

Teh hijau telah terbukti memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh amnusia. Teh hijau banyak dipilih sebagai alternatif mengonsumsi kopi dan minuman lain karena kandungannya yang baik bagi tubuh. Berikut beberapa manfaat dari teh hijau:

1. Mengontrol Berat Badan

Teh hijau mengandung antioksidan alami, yang dikenal dengan polifenol katekin. Para ilmuwan telah mengidentifikasi enam jenis katekin dalam teh hijau salah satunya adalah epigallocatechin gallate (EGCG). EGCG dalam teh hijau akan meningkatkan proses metabolisme tubuh manusia, sehingga dapat mengintensifkan tingkat oksidasi lemak dan mengubahnya menjadi kalori sehingga membantu menurunkan berat badan serta mencegah nafsu makan berlebih.

2. Mengurangi Stres dan Depresi

Mengonsumsi teh hijau dapat membantumu melawan depresi. Penelitian yang dilakukan oleh American Botanical Council telah menemukan bahwa orang tua yang minum teh hijau setiap hari semakin kecil kemungkinannya untuk depresi. Selain anti oksidan, teh hijau mengandung senyawa yang disebut Theanine yang merupakan asam amino untuk membantu mengurangi stress dan kecemasan.

3. Membantu Mencegah Radikal Bebas

Dengan kandungan antioksidan yang tinggi, teh hijau dapat digunakan sebagai tabir surya alami. Untuk membuat tabir surya, rebus setengah cangkir daun teh hijau dengan air dua cangkir selama 5-10 menit dengan api sedang. Saring dan biarkan larutan mendingin. Untuk menggunakannya, ambil sejumlah kecil bola kapas bersih untuk membantu mengoleskan pada wajah yang bersih. Anda dapat menyimpan sisanya dalam wadah kedap udara.

4. Meningkatkan Imunitas

Antioksidan polifenol dan flavonoid bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia, sehingga  membuat kita lebih sehat dan membantu mencegah serta melawan infeksi. Sejumlah besar vitamin C dalam teh hijau juga membantu secara efektif.

source: http://www.carakhasiatmanfaat.com/artikel/khasiat-manfaat-rutin-minum-teh-hijau-setiap-hari.html