Bekerja tidak hanya membutuhkan skill dan kepandaian. Faktanya, penampilan juga berpengaruh terhadap mood dan rasa percaya diri seorang pekerja. Karena itu, makeup menjadi satu hal yang tidak bisa dilepaskan dari ritual pagi hari sebelum memulai aktivitas kantor.

Namun, bagi beberapa pemula makeup bukan hal yang mudah. Pasalnya, salah memilih warna dan testur makeup bisa-bisa dapat menghasilkan riasan yang menor. Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa memanfaatkan langkah-langkah makeup untuk mendapatkan hasil makeup yang natural. 

Natural look tidak saja diperuntukan bagi kamu yang pemula dalam dunia kerja tapi juga mereka yang sudah profesional. Natural look mengusung konsep membuat wajah terlihat fresh tanpa memberi kesan mencolok atau berlebihan. Sehingga dalam penggunaannya, natural look sangat cocok digunakan siapapun. Selain itu, gaya yang satu ini juga tidak membutuhkan banyak alat makeup karena tergolong ringan dan sederhana sehingga lebih menghemat waktu dan biaya.

Base Makeup

Make up yang flawless sangat didukung base makeup yang baik. Gunakan produk yang cocok dan sesuai dengan kulit wajah kamu. Bila berminyak gunakan yang berlabel oil free atau berjenis matte dan bila memiliki kulit kering gunakan yang mengandung double moisturizer. Hal ini bertujuan agar makeup terasa nyaman sehingga kamu sendiri merasa betah dan tidak risih dengan kosmetik yang akan menempel di kulit wajah seharian. Selain itu perhatikan juga skin tone kamu, pilih shade base makeup satu tingkat di atas warna kulit kamu agar tidak terlihat belang atau seperti menggunakan topeng.
 
source: http://media.trusper.net/u/9f91ff63-fcf7-4b03-a413-a7570fe50318.jpg
 
  • Gunakan primer sebelum mengaplikasikan foundation agar make up lebih tahan lama.
  • Aplikasikan foundation menggunakan brush atau beauty blender agar hasilnya lebih menyatu dengan kulit.
  • Buat kontur dan highlight untuk memperbaiki bentuk rahang dan tulang rahang. (Step ini bisa di-skip bila belum terbiasa)
  • Gunakan transclucent powder (bedak tabur tanpa warna) untuk mengeset foundation agar tidak mudah luntur. Penggunaan transclucent powder bertujuan agar warna foundation yang menyatu dengan wajah tetap terjaga. Bila tidak ada bisa diganti dengan bedak tabur berwarna senada dengan foundation.

Mata

Mata berperan penting dalam makeup yang fresh. Mata yang sayu dan lelah dapat membawa kesan tidak bergairah, bad mood atau malas. Karena itu mata juga perlu di perhatikan agar tidak menimbulkan kesan negatif saat bekerja. Gunakan warna-warna yang kalem seperti merah muda, oranye atau coklat tua agar mata terlihat lebih cerah. Hindari warna biru gelap, emas atau maroon karena warna tersebut lebih cocok untuk digunakan pada malam hari atau saat menghadiri pesta. Menggunakannya pada siang hari saat bekerja justru mengundang kesan berlebihan.
 
source: http://facemakeuptipsandtricks.com/wp-content/uploads/2015/08/simple-eyeshadow-tutorial-for-beginners.jpg
 
  • Gunakan eye primer pada kelopak mata agar warna eyeshadow lebih keluar dan lebih tahan lama.
  • Sapukan eyeshadow dengan warna yang lebih muda pada bagian tengah kelopak mata dan warna yang lebih gelap pada bagian ujung mata. Kemudian baurkan dengan blending brush. Beberapa perpaduan warna yang natural adalah krem dengan coklat, pink dengan coklat tua, peach dengan oranye atau putih gading dengan coklat muda.
  • Setelah itu, gunakan warna putih shimmer pada bagian tulang mata (bawah alis) agar mata terlihat lebih fresh.
  • Aplikasikan eyeliner cokelat tipis-tipis agar lebih natural.
  • Jepit bulu mata dan gunakan mascara agar mata terlihat fresh. Mata yang terbuka dapat membawa kesan fresh dan mata yang lebih tajam. Kamu bisa tambahkan bulu mata palsu yang natural bila perlu.
  • Aplikasikan concealer pada bawah mata dan tepuk-tepuk ringan dengan beauty blender atau jari sampai lingkaran hitam dan kantung mata tersamar. Setelah itu set dengan loose powder. (Cara ini bisa di-skip bila penampakan kantung mata dan dark circle sudah tersamar dengan penggunaan foundation)

Alis

Menggambar alis merupakan salah satu trend makeup yang tengah booming saat ini. Menggambar alis dapat membuat wajahmu terlihat lebih tegas. Tapi perlu diperhatikan untuk tidak membuat alis dengan ujung yang terlalu runcing atau arch yang terlalu tinggi untuk menghindari adanya kesan tua atau berlebihan yang mengakibatkan makeup kurang natural.
 
source: https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/736x/6e/83/19/6e8319c4f03edbf1bafc7dc35dc9820e.jpg
 
  • Gambar alis berbentuk lurus seperti alis ala Korea karena akan terlihat lebih natural. Buatlah alis yang lebih tegas dengan sedikit runcing pada bagian ujung bila kamu menggunakan kacamata.
  • Isi alis dengan warna yang mendekati warna rambut kamu agar tidak tampak aneh. Sebaiknya isi alis dari bagian tengah ke arah ujung, kemudian dibaurkan hingga ke bagian ujung.
  • Gunakan spoolie brush untuk menyisir rambut alis dan membaurkan warnanya agar hasilnya lebih natural.
  • Gunakan eyebrow gel untuk hasil alis yang lebih tahan lama.
  • Lalu oleskan concealer pada garis alis untuk menghapus bagian yang kurang rapih. (Step ini bisa di-skip bila alis sudah rapi)

Pipi

Menggunakan blush membantu membuat wajah terlihat lebih berseri. Gunakan warna-warna yang cerah seperti pink, oranye atau peach agar terlihat lebih ceria. Namun bila kamu ingin menggunakan blush agar pipi terlihat sedikit lebih tirus kamu bisa gunakan warna cokelat sebagi kontur.
 
source: http://www.jennysuemakeup.com/wp-content/uploads/2014/10/unnamed.jpg
 
  • Bila ingin membuat kontur ringan, pertama kempotkan pipi agar tulang pipi terlihat lebih jelas. Lalu buat garis dengan warna cokelat dan tarik dari dalam pipi ke luar mendekati pelipis. Baurkan juga warna cokelat pada rahang bawah kanan dan kiri mendekati dagu.
  • Setelah itu sapukan warna cerah pada pipi dengan blush brush agar warnanya lebih menyatu dengan warna cokelat supaya hasilnya lebih natural.
  • Bila pipi kamu tidak tembem, kamu bisa langsung sapukan warna cerah pada bagian pipi atau ujung bawah mata sambil tersenyum agar pipi lebih terdefinisi.
  • Gunakan pada dagu agar tampak lebih manis dan berseri.

Bibir

Memilih warna lipstick memang bukan hal yang mudah. Harus disesuaikan dengan warna kulit wajah agar terlihat lebih bright dan tidak pucat. Untuk kamu yang memiliki kulit wajah putih sebaiknya gunakan warna nude seperti soft pink, atau cokelat muda. Sedangkan untuk kamu yang memiliki kulit wajah lebih gelap sebaiknya pilihlah warna-warna yang lebih terang seperti fuchsia, oranye atau merah cerah.
 
source: https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/736x/14/61/5e/14615e35c333211b3f2ba37aae1b7c04.jpg
 
  • Sebelum menggunakan lipstick, gunakan lip balm agar bibir tetap lembap dan terjaga kesehatannya. Terutama bila kamu suka menggunakan matte lipstick.
  • Bila bibir kamu berwarna hitam, gunakan concealer terlebih dulu pada bagian yang gelap agar nantinya warna lipstick lebih keluar sesuai warna aslinya.
  • Gambar garis bibir bagian luar dengan lip liner agar hasilnya lebih rapih.
  • Oleskan lipsctick perlahan-lahan sampai seluruh bibir tertutup untuk mendapatkan hasil bibir yang penuh.
  • Bila ingin hasil yang lebih natural kamu bisa gunakan trik gradient lip yaitu dengan mengoleskan lipstick pada bagian tengah dan ratakan warnanya dengan jari agar hasilnya terlihat tidak terlalu tebal dan mirip seperti warna asli bibir.

Terakhir kamu bisa semprotkan setting spray agar make up lebih tahan lama. Setelah itu tata rambut dengan gaya yang biasa saja seperti dikuncir agar penampilan kamu lebih maksimal. Sekarang kamu siap kerja dengan penampilan yang profesional.