Bahaya Malas Bergerak

Malas bergerak bisa berdampak buruk untuk kesehatan. Yang lebih parah, malas bergerak bisa menyebabkan penyakit stroke, jantung ,obesitas bahkan menyebabkan berkurangnya refleks tubuh.

Sebuah studi baru menunjukkan tidak bergerak dengan cukup memiliki bahaya terhadap kesehatan yang sama seperti merokok. Dalam penelitian yang diterbitkan The Lancet, diketahui 5,3 juta kematian di seluruh dunia akibat kurang aktif secara fisik. Berikut 5 olahraga yang tepat untuk menjaga kesehatan.

1. Berjalan kaki

Source : http://m.merdeka.com/sehat/5-alasan-kenapa-jalan-kaki-lebih-baik-dari-berlari

Berjalan kaki bisa menjadi salah satu olahraga pilhan dan pas untuk kamu yang malas bergerak. Olahraga ini sangat mudah dilakukan di manapun dan kapanpun. Tak perlu jauh-jauh sampai ke taman kota. Keliling kompleks rumah pun sudah cukup. Jika kamu malas sendirian, kamu bisa mengajak saudara atau sahabatmu supaya lebih asyik. Selain mudah, olahraga ini juga mengasyikkan, bukan?

2. Naik Turun Tangga

Source: http://m.infospesial.net/64526/sering-naik-turun-tangga-bikin-awet-muda/


Jika kamu memiliki tangga untuk naik turun saat beranjak dari ruangan ke ruangan lain, ini akan lebih baik. Kamu juga bisa mencoba mencari tempat untuk selalu bergerak. Misalnya tangga darurat di kantor atau tangga yang ada di mall. Jangan dibiasakan untuk naik lift atau eskalator.

Dengan naik turun tangga, tubuhmu pastinya akan bergerak. Hal ini sama dengan kamu melakukan olahraga jogging atau jalan santai. Lagi pula, dua sampai tiga lantai menggunakan tangga, sepertinya tidak terlalu berat, bukan?

3. Menari

Source : pinterest.com/dance Hip Hop


Menari adalah salah satu olahraga yang cocok untuk kamu yang malas bergerak. Olahraga tidak mesti pergi ke gym atau melakukan gerakan-gerakan membosakan. Kamu bisa memutar lagu favoritmu dan bergerak mengikuti irama musik. Kamu bisa mengajak sahabat-sahabatmu sekalian agar lebih menyenangkanDalam waktu singkat, kamu akan mengeluarkan banyak keringat!

4. Bersih-Bersih Rumah

Source : http://melindahospital.com/artikel/288/8-cara-menjadikan-kegiatan-membersihkan-rumah-menjadi-menyenangkan.html

Kamu masih bisa tetap bergerak meskipun malas berolahraga. Kamu bisa mengganti aktivitas olahraga dengan membersihkan rumah mulai dari menyapu, mengepel lantai, mencuci baju, atau juga menata kamar yang berantakan. Tanpa disadari tubuh akan berkeringat.

5. Yoga

Source : http://namastacey.com/just-put-your-legs-up-the-wall/

Ingin benar-benar memperoleh banyak manfaat kesehatan meski kamu malas bergerak? Coba saja yoga. Olahraga ini dilakukan dengan beberapa gerakan dan tak begitu banyak menguras tenaga, tapi tetap membuat tubuh jadi rileks dan tidur pun semakin nyenyak. Coba saja lakukan gerakan legs-up the wall pose yang bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah dari bagian tubuh atas ke kaki.

Source : eyogaguru.com

Atau kalian juga bisa mencoba gerakan Pavanmuktasana. Gerakan ini sangat efektif untuk menghilangkan lemak-lemak membandel di perutmu. Bayangkan, pose ini bisa kamu lakukan disaat malas bergerak dan membuat perutmu langsing secara bersamaan. Amazing!