Dampak Buruk Tidur Tanpa Membersihkan Makeup

Mungkin kamu sering mendengar tips kecantikan yang melarangmu tidur tanpa membersihkan makeup. Namun tahukah kamu alasan di baliknya dan apa yang terjadi pada kulit saat tidur dengan makeup menempel pada wajah?

source: http://weheartit.com/entry/245545983

Produk makeup mengandung pewarna, minyak, bahkan logam yang akan teroksidasi seiring dengan berjalannya waktu. Apalagi debu dan kotoran yang menempel pada wajah juga akan ikut bercampur. Jika kebiasaan buruk ini sering terjadi, tentu akan menimbulkan permasalahan kulit seperti di bawah ini:

  1. Berkembangnya bakteri pada wajah
  2. Timbul flek hitam
  3. Memperlambat proes regenerasi sel kulit
  4. Pori-pori semakin membesar
  5. Timbul jerawat
  6. Merusak proses terbentuknya kolagen pada kulit
  7. Kulit menjadi kering
  8. Timbul garis-garis halus dan kerutan
Jika wajahmu terasa berminyak setelah tidur tanpa membersihkan makeup, itu merupakan reaksi kulit dalam menanggapi kondisi kulit kering. Nah, kalau sekarang kamu sudah tahu dampak buruk tidur tanpa membersihkan makeup, lakukan langkah-langkah ini setelahnya.

1. Segera Bersihkan Wajah dengan Produk Cleansing

Pertama, bersihkan seluruh kotoran dan debu yang menempel pada wajahmu dengan jumlah produk cleanser sedikit lebih banyak dari yang biasa kamu gunakan. Pijat otot-otot wajah dengan gerakan lembut untuk mengangkat kotoran dan minyak berlebih pada wajah. Selanjutnya, cuci mukamu dengan sabun pembersih wajah hingga wajah terasa benar-benar bersih.

source: http://osharegirls.com/archives/7015

2. Lancarkan Peredaran Darah pada Kulit Wajah

Agar peredaran darah pada wajah kembali normal, kamu bisa menggunakan handuk yang direndam pada air hangat. Peras airnya kemudian tempelkan pada wajah selama kurang lebih 3 menit. Kulitmu akan terasa lembap dan pori-pori pada kulit wajah akan lebih terbuka.

source: http://www.wisegeek.com/how-do-i-use-shea-butter-for-acne.htm

3. Manjakan Kulit dengan Masker Wajah

Segera gunakan masker wajah dalam keadaan pori-pori kulit wajah yang masih terbuka. Dengan begini kandungan serum di dalamnya dapat diserap oleh lapisan kulit yang lebih dalam.

source: http://lbr-japan.com/2014/07/10/47797/

Setelah itu, gunakan moisturizer atau cream khusus yang dapat menjaga kadar kelembapan di dalam kulit. Hindari menggunakan makeup setelahnya untuk mengistirahatkan kulitmu. Jika terpaksa harus menggunakan makeup karena tuntutan pekerjaan, gunakan makeup secara natural.

4. Perawatan dari Dalam

Untuk menjaga kecantikan kulit, kamu juga perlu mengonsumsi makanan bernutrisi yang cukup. Konsumsilah makanan yang mengandung vitamin dan kolagen untuk menutrisi kulit. Jangan lupa, minum segelas air hangat terlebih dulu setelah bangun pagi.

source: https://www.verywell.com/how-to-tell-an-infertile-friend-youre-pregnant-1960025

5. Tidur pada Masa Golden Time

Jika sebelumnya kamu tertidur karena aktivitas yang padat, atur ulang jam tidurmu di keesokan harinya. Usahakan untuk tidur sebelum jam 10 malam agar kulit dapat menjalani proses regenerasi sel-sel kulit secara optimal pada masa golden time (jam 10 malam-2 pagi).

source: http://poemsofmystorms.blogspot.co.id/2014/10/dear-love-i-bid-thee-good-night.html

6. Masker Putih Telur untuk Mengencangkan Pori-Pori

Jika kamu merasa ukuran pori-pori terlihat semakin melebar akibat kebiasaan burukmu, gunakan masker alami berbahan putih telur di malam hari. Kandungan albumin di dalam putih telur dapat mengencangkan pori-pori dan enzim lisozim di dalamnya dapat menekan iritasi pada kulit.

source: http://thekitchenmccabe.com/2013/11/14/diy-brightening-and-tightening-face-mask/

Memang kulit tidak akan bertambah tua secara signifikan dalam waktu semalam, namun jangan biasakan tidur tanpa membersihkan makeup lebih dulu. Agar kondisi kulit kembali prima, segera lakukan langkah-langkah di atas sebelum timbul permasalahan kulit lainnya.