1. Hindari Makan Berat Sebelum Tidur


Makan sebelum tidur dapat menyebabkan asam lambungmu naik dan mengganggu pencernaan. Hal ini bisa mengganggu kenyamanan tidurmu sekaligus berbahaya bagi kesehatan.
source: http://www.dreamersradio.com/lifestyle/article/33029/5-makanan-ini-tidak-boleh-dimakan-sebelum-tidur

2. Matikan Semua Elektronik


Tubuh membutuhkan zat melatonin yang dapat membantumu mengantuk dan cepat tertidur. Zat ini akan diproduksi dengan baik saat keadaan gelap. Jadi pastikan lampu kamarmu mati dan jauhkan dirimu dari laptop, handphone, dan semua gadget yang ada.
source: http://worajv.com/menggunakan-smartphone-sebelum-tidur-dapat-menyebabkan-kematian/

3. Hindari Kafein


Beri jarak minimal 4 jam sebelum tidur jika ingin mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein seperti teh dan kopi. Kafein akan membuat tubuhmu terjaga sehingga akan mengganggu jam tidur.
source: http://misterberita.blogspot.com/2013/11/jangan-minum-kopi-6-jam-sebelum-tidur.html

4. Mandi Air Hangat


Mandi sepulang beraktivitas dengan air hangat bisa membantu menurunkan suhu tubuhmu dan memberikan efek relaksasi. Setidaknya mandi 3 jam sebelum tidur agar kamu tepat mengantuk di saat suhu tubuhmu sudah siap untuk tidur.
source: http://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20150202073542-255-28878/manfaat-mandi-air-hangat-selain-sekadar-pengusir-dingin/

5. Olahraga Teratur


Olahraga bisa membantu tubuhmu tetap bugar dan sehat. Banyak manfaat dari olahraga, salah satunya adalah membuat tidurmu nyenyak dan berkualitas. Kegiatan di siang hari akan membuat tubuhmu cukup lelah dan mudah tertidur di malam hari, jadi rutin-rutinlah berolahraga.
source: http://www.infosehatku.com/2014/10/5-cara-mencegah-penyakit-kencing-manis.html

6. Atur Waktu Tidur


Usahakan untuk tidur di jam yang sama setiap malamnya. Atur agar kamu bisa cukup tidur sampai tiba saatnya jam kamu terbangun. Beri jarak minimal 7 jam antara jam tidur sampai jam kamu bangun. Jika kamu terpaksa harus terjaga sampai larut malam, gantikan tidurmu di siang hari.
source: http://blogs.babycenter.com/mom_stories/09282013pre-baby-life/

7. Perhatikan Posisi Tidur


Posisi tidur juga mempengaruhi kualitas tidurmu, lho! Pilih posisi tidur yang menurutmu paling nyaman dengan dampak paling baik bagi kesehatanmu. Posisi tidur telentang adalah yang paling baik bagi kecantikan kulitmu, tapi jika kamu menderita asma, sebaiknya pilih tidur dalam posisi miring.
source: http://indohub.com/2014/07/06/posisi-tidur-terbaik-dan-terburuk/
Semoga tips di atas membantu tidurmu lebih nyenyak ya, Minasan.