Rahasia 1 : Membersihkan Wajah

Wanita Jepang memiliki prinsip bahwa pembersihan wajah yang tepat adalah awal perawatan kulit dimulai. Untuk itu, wanita Jepang sangat selektif dalam memilih sabun pembersih wajahnya. Mereka akan memilih sabun berbahan alami yang bebas pewangi atau sabun arang untuk mengatasi masalah pori-pori sekaligus melarutkan minyak yang berlebihan di kulit. Dalam rutinitas membersihkan wajah, pada umumnya wanita Jepang akan melakukan hal ini:

  1. Mencuci wajah terlebih dahulu dengan air hangat untuk membuka pori-pori.
  2. Setelah itu memakai sabun wajah berbahan alami yang digosokkan perlahan.
  3. Lalu mencuci kembali wajah dengan air biasa atau air dingin untuk menutup pori-pori.

Di samping itu, seminggu sekali mereka juga akan melakukan eksfoliasi atau pengelupasan sel-sel kulit mati di permukaan wajah menggunakan bubuk kacang azuki atau tanah liat dari laut Jepang yang kaya akan bubuk mineral halus dan lembut. Tanah liat itu berisi montmorilonit yang merupakan bentuk murni dari tanah liat bentonit yang banyak digunakan dalam pengobatan alami untuk gangguan kulit.
 

 

Rahasia 2 : Melembapkan Wajah

Setelah membersihkan wajah, wanita Jepang akan melembapkan wajah dengan memilih pelembap berbahan alami yang biasanya mengandung bunga camellia Jepang atau disebut Tsubaki, yang kemudian diekstrak hingga menghasilkan minyak. Minyak bunga camellia memiliki kandungan asam lemak oleat tertinggi (Omega-9) yang akan bekerja efektif sebagai emolien alami untuk menjaga elastisitas kulit, serta melindungi kulit dari kerusakan akibat kekeringan, penuaan dini, serta paparan sinar matahari.
source: muza-chan.net
Selain ekstrak bunga camellia, wanita Jepang juga biasanya memilih pelembap dari ekstrak dedak beras Jepang yang juga menghasilkan minyak. Minyak yang dihasilkan itu merupakan sumber utama dari  tocotrienol atau vitamin E super, serta sumber antioksidan penuaan atau gamma-oryzanol. Dengan begitu, ekstrak minyak ini akan bekerja efektif pada jaringan kulit yang lembut dan sensitif dengan menjaga elastisitas kulit.
source: fotosearch.com

 

Rahasia 3 : Menerapkan Masker Wajah

Masker wajah merupakan bagian integral dari perawatan kulit rutin wanita Jepang. Masker wajah yang diterapkan secara rutin dapat bekerja efektif dalam melembapkan, membersihkan, detoksifikasi, meningkatkan sirkulasi, serta memberikan nutrisi yang mendalam pada kulit. Masker wajah dapat menjadi nilai plus dalam rutinitas perawatan kulit wanita Jepang karena benar-benar memanjakan kulit.

Biasanya masker dipakai 1-2 kali seminggu dengan memilih bahan alami, bahkan mereka kadang meracik sendiri bahan-bahannya. Bahan alami populer tentu saja dedak beras Jepang yang juga merupakan sumber terbaik dari pektin, agen pelembap alami yang bertanggung jawab untuk pertumbuhan sel kulit baru.

Selain dedak beras Jepang, mereka juga senang menggunakan daun yamagi dan matcha yang perpaduan keduanya akan membuat kulit terasa lebih segar karena akan mengatasi pori-pori wajah, sekaligus mengencangkan kulit.

source: breakawaymatcha