1. Primer Makeup

Gunakan primer makeup yang bebas minyak sebelum mengaplikasikan riasan lainnya. Dengan begitu, minyak di permukaan wajah akan terserap dan menciptakan tampilan wajah yang mulus dan lebih lembut meskipun ada benjolan jerawat di wajah.
Selain bebas minyak, usahakan untuk memilih base makeup yang menggunakan kandungan bahan alami dalam produknya. Hal ini untuk meminimalisir kondisi jerawat di wajah menjadi lebih buruk.

2. Foundation

Ada sejumlah foundation yang diproduksi khusus untuk kulit berjerawat. Biasanya foundation ini mengandung asam salisilat yang tidak hanya akan menutupi kulit berjerawat, tetapi juga bekerja untuk menyingkirkan jerawat dalam jangka panjang.
Kamu bisa memilih jenis foundation apapun, seperti krim atau cair selama itu tidak mengandung minyak, parafin, atau bahan comedogenic lainnya. Tetapi hindari untuk menerapkannya secara tebal.

3. Creamy Concealer

Terkadang foundation tidak cukup untuk menutupi noda jerawat. Untuk itu, kamu bisa memakai concealer dengan tekstur yang creamy pada bagian-bagian wajah yang terdapat noda jerawat.

4. Bedak

Gunakan bedak tabur (loose powder) atau bedak padat (compact powder) yang khusus untuk kulit berjerawat karena formula yang terkandung dalam produk biasanya sudah disesuaikan untuk kondisi kulit berjerawat. Namun, penggunaan bedak bisa diabaikan jika kamu tidak memerlukannya.

5. Matte Bronzer

Untuk finishing, kamu bisa mengaplikasikan matte bronzer dari sejumlah brand pilihanmu. Ini akan memberikan kesan kulit yang nampak glowy dengan menutupi ketidaksempurnaan di wajah, sekaligus membuat wajah terlihat lebih segar dan sehat. Pilihlah produk dengan kandungan bahan yang aman dan bebas dari paraben, gluten, minyak, parfum, atau sulfat.

6. Riasan Mata

Untuk mencerahkan tampilan mata, gunakan eyeshadow yang disesuaikan dengan warna kulit. Untuk kulit terang atau putih bisa menggunakan warna-warna beige, untuk kulit sawo matang bisa menggunakan warna-warna keemasan, dan untuk kulit gelap bisa menggunakan warna-warna kecoklatan.

7. Blush On

Kebanyakan pemilik kulit berjerawat akan menghindari perona pipi karena mereka khawatir akan lebih menambah rona kemerahan pada wajah. Namun, jika tidak menggunakan blush on, kulit wajah akan terlihat kusam dan datar. Untuk itu, kamu bisa tetap memakai blush on dengan memilih warna-warna natural.

8. Riasan Bibir

Agar tampilan wajah berjerawat semakin segar, tambahkan lipgloss atau lipstick berwarna netral favoritmu. Jika perlu, pilihlah yang tahan lama dan hanya digunakan untuk sekali olesan saja selama seharian.