Hindari Penerbangan Transit


Hindari penerbangan yang mengharuskanmu transit karena dijamin kamu akan kurang tidur. Pilih penerbangan langsung agar kamu bisa tidur cukup selama di pesawat.
source: http://www.cntraveller.com/flights

Pilih Kursi Jendela


Bukan rahasia lagi kalau kursi di dekat jendela adalah tempat ternyaman untuk tidur. Kamu tidak mau duduk di lorong dan harus terganggu karena orang sebelahmu ingin lewat untuk ke toilet, kan?
source: http://www.news.com.au/travel/travel-advice/the-secret-to-scoring-the-best-plane-seat/story-e6frfqfr-1226507362201

Pakai Pakaian Nyaman


Hindari celana ketat atau baju yang gampang mengkerut. Gunakan pakaian berbahan katun yang longgar agar kamu merasa nyaman. Kamu juga bisa membawa outer atau coat yang juga bisa digunakan sebagai selimut saat di pesawat.
source: http://www.smartertravel.com/photo-galleries/editorial/seven-things-you-should-always-wear-on-a-plane.html?id=331

Bawa Perlengkapan Tidur


Karena kamu akan bersiap untuk tidur di pesawat, eye mask dan ear plug adalah benda wajib. Kamu juga bisa membawa selimut ringan karena belum tentu semua maskapai menyiapkan selimut untuk penumpang.
source: http://www.tlbox.com/health/5-best-sleep-mask-with-ear-plugs-no-more-unwanted-light-and-sounds-and-get-better-sleep/

Jangan Lupa Bantal


Saat tidur di pesawat, leher dan punggungmu cenderung sakit ketika bangun. Hindari hal ini dengan membawa bantal khusus berbentuk huruf U agar kamu bisa tidur dan bangun dengan nyaman saat di pesawat.
source: http://www.qrbiz.com/buy_U-Shaped-Pillow

Batasi Konsumsi Air


Di saat semua orang merekomendasikanmu untuk minum air demi menjaga kelembapan tubuh di pesawat, kali ini sebaiknya kamu batasi minum air agarr tidak bolak-balik ke toilet. Lagipula, prioritasmu kali ini adalah tidur.
source: http://www.smartertravel.com/photo-galleries/editorial/how-to-survive-a-red-eye-flight.html?id=500&all=1

Buat Dirimu Merasa Siap Tidur


Kalau kamu benar-benar ingin tidur, kamu juga harus mengatur moodmu seperti saat kamu akan tidur. Kamu bisa coba menyikat gigimu dan membersihkan muka untuk memberitahu tubuhmu bahwa sudah saatnya tidur.
source: http://www.huffingtonpost.com/2014/09/12/forgot-to-brush-teeth-gross_n_5800102.html

Jaga Tubuhmu Tetap Segar


Setibanya di tujuan, minum banyak air dan makanlah makanan bergizi seimbang agar tubuhmu memiliki asupan energi yang cukup. Minum secangkir kopi juga dapat membantu tubuhmu tetap segar sepanjang hari.
source: http://www.frenchietogo.com/breakfast-coffee-shop

Jangan Paksa Dirimu


Kamu baru tiba di tujuan pagi hari sehingga tubuhmu pasti lelah. Hindari untuk beraktivitas yang melelahkan dalam hari ini dan segera istirahat jika tubuhmu sudah merasa lelah. Kamu masih bisa melanjutkan petualanganmu di hari berikutnya, kan?
source: http://weholi.com/blog/category/travel-tips/health-travel/
Sekarang, kamu tidak perlu cemas lagi saat harus bepergian dengan penerbangan dini hari.