1. Pelembap dan Face Primer

Eric Jimenez yang merupakan seorang pakar tata rias wajah dan industri kosmetik asal Amerika membagikan tips dan trik untuk menyiasati makeup bagi pemilik kulit kombinasi. Bersumber dari wolipop.detik.com dan hasil perbincangannya dengan wolipop di Sephora Indonesia, pria ini mengatakan bahwa penggunaan pelembap pada kulit yang berminyak akan memberikan hasil yang tidak bagus.
source: http://md-7.com/sensitiveskin

Ia menyarankan untuk menggunakan pelembap ke seluruh wajah kecuali area T. Untuk area T, gunakan face primer hanya di bagian tersebut. Namun, angkat dulu kelebihan minyak yang ada menggunakan tisu.

"Serap kelebihan minyak dengan tisu, lalu langsung gunakan primer pada area T-zone. Kalau wajah sudah sangat berminyak dan dipakaikan pelembap lagi maka hasilnya tidak bagus," ujar Eric saat berbincang dengan Wolipop di Sephora Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis (1/10/2015).
source: http://wolipop.detik.com/read/2015/10/02/065056/3033659/234/trik-makeup-untuk-kulit-kombinasi-agar-riasan-lebih-tahan-lama

2. Pilih Alas Bedak yang Mengandung Tabir Surya

Penggunaan alas bedak seperti foundation atau BB cream merupakan hal yang sangat penting terlebih pada kulit kombinasi. Gunakan alas bedak seperti biasa dan sebaiknya pilihlah yang bertekstur ringan dan memberikan hasil akhir matte. Sebagai perlindungan kulit dari sinar matahari, pilihlah alas bedak yang mengandung UV protector.
source: http://www.justlittlethings.co.uk/2015/07/foundations-for-oilycombination-skin.html

3. Gunakan Bedak yang Tepat

Bedak yang paling aman digunakan oleh kulit kombinasi adalah bedak tabur. Bedak jenis ini memiliki tekstur yang ringan. Selain itu, dapat membuat makeup terlihat lebih natural. Namun, jika tetap ingin menggunakan bedak padat seperti compact powder, sebaiknya gunakan bedak yang oil free dan noncomedogenic.
source: http://hubpages.com/style/Powder-for-Oily-Skin-Top-3-Oil-Control-Powders-How-to-Apply-Face-Powder
Itulah 3 tips mudah dalam ber-makeup untuk kulit wajah kombinasi. Selanjutnya, kamu bisa melanjutkan ke penggunaan makeup mata, blush on, dan lipstik. Sesuaikan padupadan warnanya agar makeup tidak terlihat menor atau terkesan berlebihan. Semoga bermanfaat!