Belanja dengan sistem online juga memudahkan kita untuk membandingkan harga sepuasnya antara toko online yang satu dengan lainnya. Dan untuk produk makeup, terkadang di toko online harganya lebih murah dan ketersediaan barang lebih lengkap. Bahkan produk makeup yang tidak memiliki retailer resmi di Indonesia, tersedia di toko online.

Namun dari segala kemudahan yang ada, belanja makeup melalui toko online juga memiliki masalah tersendiri. Tapi tidak perlu khawatir, karena ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar dapat belanja online secara aman, nyaman, dan menyenangkan. Nah, berikut tipsnya!

1. Baca Review Produk

Karena membeli secara online, kita tidak bisa melihat produk secara langsung atau mencoba tester yang disediakan. Maka dari itu, sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk makeup, penting untuk mencari dan membaca review dari para beauty blogger.
source: http://www.nextadvisor.com/blog/2012/08/30/can-i-use-voip-while-im-browsing-the-web/

Jangan hanya dari satu beauty blogger saja, bacalah dari beberapa beauty blogger dan jika memungkinkan carilah beauty blogger yang memiliki kesamaan jenis atau warna kulit dengan kamu. Dengan begitu, kamu memiliki bayangan akan produk yang ingin kamu beli. Apakah cocok dengan kulit atau tidak.

2. Beli di Online Shop Terpercaya yang Memiliki Reputasi Baik

Cukup banyak modus penipuan yang dengan mudahnya melakukan rekayasa yang membuat kita terkadang terkecoh dengan pencitraan yang mereka buat. Padahal, memilih online shop yang terpercaya sangatlah penting karena ini akan berhubungan langsung dengan kualitas dan keaslian produk yang mereka jual.
source: https://pixabay.com/en/business-trusted-trust-success-1049272/

Kamu bisa mencari tahu terlebih dahulu melalui internet tentang kredibilitas online shop yang akan kamu gunakan untuk membeli suatu produk.

3. Cek Juga Testimonial Pembeli

Testimoni dari para pembeli juga tak kalah penting. Testimoni merupakan pengalaman pembeli ketika membeli produk di online shop tersebut serta pengalaman mereka akan produk yang sudah mereka beli.
source: http://pmahcc.org/testimonials.html

4. Intip Tutorial Beauty Blogger atau Vlogger

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa dengan membeli produk makeup secara online, kita tidak dapat melihatnya secara langsung atau mencoba tester yang disediakan. Hal ini terkadang membuat kita merasa kesulitan untuk menentukan shade yang sesuai dengan kulit kita, terlebih jika membeli produk base makeup seperti foundation, concealer, bedak atau yang lainnya.
source: https://www.youtube.com/watch?v=IQkWxhY3SS8

Nah, di sinilah kita bisa memanfaatkan tutorial makeup dari para beauty blogger atau beauty vlogger. Carilah beauty blogger/vlogger yang memiliki jenis dan warna kulit yang sama dengan kamu sehingga kamu bisa mencontek shade yang sesuai dengan mereka. Hal ini bisa juga berlaku pada pemilihan eyeshadow dan blush on.

5. Gunakan Sampel Terlebih Dulu

Jika produk yang kamu inginkan memiliki harga yang cukup tinggi. Kamu bisa membeli produk sampel yang dijual dengan ukuran kecil. Hal ini dilakukan untuk mengecek apakah produk tersebut cocok di kulit kita atau tidak. Produk sampel dijual dengan harga yang lebih murah.
source: http://www.bestmadeinkorea.com/product-41437/Home-Garden/Round-Sample-Pouches.html

Jika produk tersebut kurang bersahabat dengan kulit, tidak terlalu banyak merugi jika akhirnya produk yang sudah dibeli tidak digunakan lagi. Tentu hal ini bisa dilakukan jika produsen produk tersebut menyediakan produk sampel baik diberikan secara gratis atau dijual bebas.

6. Perhatian Ongkos Kirim

Perhitungan ongkos kirim juga perlu diperhatikan saat belanja online. Sebaiknya pilihlah online shop yang menjual produk makeup dengan banyak pilihan sehingga kamu bisa membeli beberapa produk sekaligus di satu online shop. Hal ini akan lebih hemat biaya pengiriman, terlebih jika produk yang akan kita beli merupakan produk impor yang harus diambil terlebih dahulu secara langsung dari negeri asalnya. Tentu cukup menguras kantong, bukan?

Tidak hanya itu saja, saat ini ada beberapa online shop yang menawarkan promo gratis biaya pengiriman dengan minimun pembelian. Nah, jika kita membeli dalam jumlah yang cukup banyak di satu online shop, bukankah jauh lebih hemat?
Berikut merupakan salah satu contoh dari online shop Althea.
source: http://id.althea.kr/promises#free_shipping
Semoga bermanfaat!