Kenali Pesawatmu


Tidak semua pesawat memiliki in-flight entertainment yang dapat menemanimu sepanjang perjalanan. Cari tahu apakah pesawat yang kamu naiki memiliki fitur ini. Kalau kamu naik LCC dan bukan penerbangan premium, bersiaplah untuk terbang dengan waktu yang lama tanpa adanya hiburan.
source: http://being42.org/2013/02/17/in-flight-entertainment/

Buat Tempat Dudukmu Nyaman


Keluarkan iPad, tablet atau segala gadget untuk entertainment dan letakkan segala keperluanmu seperti tissue dan botol minum di tempat yang terjangkau. Kalau kamu tidak membaca majalah yang disediakan maskapai, letakkan di samping tempat dudukmu agar tidak mengurangi ruang untuk kaki. Buat senyaman mungkin agar kamu dapat merasa nyaman di perjalanan.
source: http://www.smartertravel.com/photo-galleries/editorial/10-pro-tips-for-surviving-a-long-flight.html?id=947&all=1

Atur Waktu Tidurmu


Kebanyakan orang akan tidur selama di pesawat untuk menghabiskan waktu tapi jangan terlalu banyak tidur karena dapat menyebabkan jet lag sesampainya di tujuan. Tidur secukupnya jika memang sudah waktunya tidur dan kamu tidak akan kesulitan mengatur jam tidurmu sesampainya nanti.
source: http://www.smartertravel.com/photo-galleries/editorial/10-pro-tips-for-surviving-a-long-flight.html?id=947&all=1

Bawa Hiburan Lain


Jangan pikir in-flight entertainment tidak akan membuatmu bosan selama penerbangan berdurasi belasan jam. Bawa selalu alat hiburan lainnya sebagai backup seperti iPad, e-book reader dan konsol game portable yang sudah diisi penuh baterainya.
source: http://www.slashgear.com/ipad-close-to-takeoff-and-landing-approval-30299669/

Atur Waktu Makanmu


Kalau kamu sudah makan sebelum naik pesawat, kamu tidak perlu memaksa dirimu untuk makan lagi saat pramugari datang membawa makanan. Saat tidur, pramugari juga tidak akan membangunkanmu dan kamu boleh meminta jatah makananmu untuk dimakan nanti.
source: http://food.ndtv.com/opinions/why-does-in-flight-food-taste-so-odd-739410

Pakai Baju yang Nyaman


Bukan berarti kamu harus mengenakan piyama agar merasa nyaman saat tidur di pesawat. Pakailah celana panjang dari bahan kain, blus dan cardigan. Jangan lupa bawa syal dan jaket karena udara di pesawat cenderung lebih kering dan dingin. Pakai sepatu yang mudah dilepas dan kaus kaki.
source: http://jetsettimes.com/2013/09/06/survive-long-flight/

Pilih Kursimu


Hindari duduk di kursi tengah. Kalau kamu diperbolehkan memilih kursi saat check in, katakan pada petugas untuk menempatkan di dekat lorong atau di dekat jendela sesuai kebutuhanmu. Kalau kamu lebih suka bersandar di dinding sambil tidur, pilih dekat jendela. Kalau kamu sering ke toilet, pilih dekat lorong.
source: http://www.telegraph.co.uk/travel/travelnews/9986642/Most-popular-aircraft-seat-revealed.html

Bersihkan Dirimu


Anggaplah penerbanganmu itu keseharianmu dan kamu tetap harus membersihkan diri agar dirimu tetap nyaman. Tetap cuci muka dan sikat gigi setelah bangun dan gunakan lotion pelembap agar kulitmu tidak kering karena tekanan udara di dalam pesawat.
source: http://flanagansmiles.com/cleanings-and-prevention/travel-wise-travel-size-tips-teeth/

Rileks


Sepanjang penerbangan kamu akan mengalami hal-hal di luar kendalimu seperti turbulensi, makanan yang tidak enak, kursi yang kurang nyaman dan masalah lainnya. Tetap rileks karena masih ada hal-hal yang bisa kamu kendalikan sendiri seperti TV, kursi dan moodmu sendiri.
source: http://www.bit.com.au/News/325038,plane-travel-work-time-or-rest-time.aspx
Semoga perjalananmu menyenangkan!