Langkah Pertama, Gunakan Foundation

Pertama-tama, gunakan foundation favorit kamu. Dalam tutorial ini, foundation yang digunakan adalah Rimmel Match Perfection Foundation. Harriet Hadfield, makeup artist di balik tutorial ini mengatakan foundation dari Rimmel ini hampir mirip dengan foundation dari Chanel. Selain itu, ia menyukai coverage-nya yang medium dengan sentuhan finishing dewy. Harriet menggunakan foundation tersebut dengan brush di daerah yang dibutuhkan saja untuk meratakan warna kulit.

Menuju Riasan Mata

Untuk tampilan gothic di sini, Harriet mengandalkan makeup mata yang gelap. Ia memilih Barry M Eyeshadow Pencil no. 5 yang waterproof dan sangat long lasting. Katanya, pencil eyeshadow ini merupakan dupe dari produk serupa bertekstur cream dari MAC. Kamu juga bisa memilih eyeshadow warna gelap lainnya, yaitu warna-warna dark brown. Harriet menggunakan pencil eyeshadow itu ke seluruh kelopak mata. Menurutnya, ini akan cocok untuk tampilan smokey eye yang identik dengan makeup ala gothic.

Setelah selesai mengaplikasikannya, langsung blend dengan brush ke arah luar. Harriet menyarankan untuk bertindak cepat saat membaurkan pencil eyeshadow ini karena teksturnya cepat mengering. Harriet juga menggunakan eyeshadow tersebut di bagian bawah mata dengan tampilan yang memang sengaja sedikit messy. Jadi, kamu tidak perlu khawatir masalah presisi untuk tampilan ini.

Masih pada Riasan Mata

Selanjutnya, gunakan Maybelline The Nudes Eyeshadow Palette. Kamu juga bisa menggunakan eyeshadow palette nude yang kamu punya. Pakai warna-warna gelap pada palette untuk melengkapi tampilan smokey eyes. Terapkan mulai garis lipatan mata sampai sedikit ke sudut mata bagian dalam untuk membuat tampilan lebih gelap. Kemudian tarik warnanya sampai ke arah luar mata, sedikit melebihi dari outer V. Jangan lupa memberi sentuhan smokey tersebut sedikit ke bawah mata.

Selanjutnya, gunakan eyeliner. Harriet menggunakan Barry M Bold Black Waterproof Eyeliner. Untuk tampilan yang intens kamu bisa menggunakan warna hitam sesuai tutorial, tetapi untuk tampilan yang lebih soft kamu bisa memilih dark brown. Harriet membubuhkan titik-titik pada garis mata terlebih dulu baru kemudian di-blend menggunakan brush.

Langkah Riasan Mata Selanjutnya

Kembali lagi pada Maybelline The Nudes Eyeshadow Palette. Pilih warna minky silver lalu gunakan pada garis lipatan mata untuk memberikan tampilan lebih halus dan sedikit kilau pada riasan mata. Harriet menggunakan warna di eyeshadow palette Maybelline untuk mengisi alis. Gunakan campuran dua warna untuk menemukan warna yang cocok dengan alis kamu. Untuk maskara, produk yang digunakan adalah Seventeen Falsifeye Mascara. Harriet menggunakan banyak lapisan mascara pada bulu mata bagian atas untuk memberikan clumpy look.

Bagian Makeup Untuk Wajah

Harriet menggunakan cream blush karena tampilan dewy-nya. Kamu bisa menggunakan cream blush dengan warna merah muda. Untuk menambah rona wajah pada makeup gothic, gunakan blush atau bronzer. Kemudian, aplikasikan Maybelline Fit Me Concealer di area-area yang dibutuhkan lalu blend dengan brush. Set makeup wajah dengan bedak. Setelah itu, Harriet memakaikan contour shade pada pipi. Terakhir, gunakan lipstik warna merah muda untuk menyempurnakan penampilanmu.

Produk Yang Digunakan Dalam Tutorial

  • Rimmel Match Perfection Foundation, dengan harga sekitar Rp140.000
  • Barry M Eyeshadow Pencil no. 5
  • Maybelline The Nudes Eyeshadow Palette
  • Barry M Bold Black Waterproof Eyeliner
  • Seventeen Falsifeye Mascara
  • Barry M Make Me Blush Cream dalam shade Rhubarb Crumble
  • Maybelline Fit Me Concealer
  • Soap and Glory One Heck of A Blot Powder
  • Maybelline Master Sculpt Contour
  • Rimmel Lasting Finish Lipstick By Kate Moss (42), dengan harga Rp99.000
source: http://www.maybelline.co.nz/products/eye-makeup/eye-shadow/the-nudes-palette.aspx
Tampilan makeup ini adalah hasil tutorial dari seorang makeup artist di YouTube channelnya, HarryMakesItUp. Berikut ini adalah video tutorial agar lebih jelas mengikuti tampilan gothic glam tersebut.
 
youtube:9RLlHhIkPyM
source: https://www.youtube.com/watch?v=9RLlHhIkPyM
Gothic Glam Makeup Using Drugstore Products