Ubahlah Gaya Hidup, Bukan Diet

Kebiasaan hidup yang baik dan sehat akan membawa perubahan pada berat badan. Misalnya dengan membiasakan makan pagi. Dengan makan pagi, kamu menjaga tingkat metabolismemu bekerja dengan teratur. Jika tidak, maka tubuhmu akan terserang potensi kelaparan dan metabolisme menurun. Makan juga harus teratur. Jika terlambat, kamu cenderung akan mengambil makanan dalam porsi yang lebih besar, sehingga akan menimbulkan kegemukan.

Berhentilah makan di saat perut sudah kenyang agar tubuh merasa tetap fit dan sehat. Makan malam terakhir lebih baik pukul 19.00-19.30. Setelah itu gosoklah gigi untuk mencegah makan malam lagi. Sebaiknya konsumsi 1 buah 1 jam sebelum makan. Selain melancarkan pencernaan, makan buah sebelum makan dapat mengurangi porsi makan yang sebenarnya.

Pilihlah Makanan Pengganti

Banyak makanan pengganti yang dapat membuat tubuh lebih nyaman beraktivitas tanpa mengurangi asupan gizi yang ada. Misalnya beras merah. Beras merah kaya serat sehingga membuatmu kenyang lebih cepat dibandingkan dengan nasi. Atau, rebuslah sayur mayur sebagai pengganti nasi dan makanlah buah-buahan yang segar.

Gula dapat diganti dengan madu untuk mengurangi gluten yang tidak sehat. Pilihlah susu yang rendah kalori sebagai pengganti susu kental manis. Makanan dalam kemasan tidak baik bagi tubuh karena mengandung bahan pengawet. Masak sendiri di rumah akan lebih higienis dan baik untuk kesehatan. Untuk camilan, pilih roti gandum karena memiliki energi melebihi nasi putih.

Tantanglah Diri Sendiri

Buatlah target dengan mengubah gaya hidup dan pola makan yang baik. Pada awalnya akan sulit. Biasakan dengan hal-hal kecil, misalnya mengurangi jajan di luar, biasakan diri dengan gerakan ringan di pagi hari atau di sela-sela pekerjaan kantor.

Tantanglah dirimu dengan melihat foto - foto lama yang cantik saat kamu langsing. Kalau masih ada keinginan tampil cantik seperti di foto tersebut, pasti kamu akan lebih semangat mengubah gaya hidup dan pola makan yang lebih baik.

Memulai Lebih Baik Daripada Tidak Sama Sekali

Berbagai menu pengganti, gaya hidup dan olah raga ringan tersebut diatas tidak membutuhkan dana yang banyak. Mengubah gaya hidup dan pola makan yang sehat jauh lebih nyaman bagi tubuh. Sayangi tubuhmu dengan asupan makanan yang bergizi dan sehat.