Fungsi Makanan Bagi Tubuh

Setiap hari tentu kita membutuhkan makanan untuk beraktivitas. Tahukan kamu seberapa penting fungsi makanan untuk tubuh? Makanan sebagai sumber energi yang penting bagi tubuh, sumber pengatur, dan pelindung tubuh terhadap berbagai penyakit. Makanan juga dapat membangun tubuh, baik untuk pertumbuhan maupun perbaikan tubuh, pengganti sel-sel tua yang sudah usang atau rusak karena usia.
 

Hal penting lainnya adalah makanan dapat mengatur metabolisme dan berbagai keseimbangan, misalnya keseimbangan air, keseimbangan asam basa, dan keseimbangan mineral didalam cairan tubuh. Fakta lain mengatakan bahwa makanan dapat digunakan sebagai penghangat dan pelindung organ penting serta berperan di dalam mekanisme pertahanan tubuh terhadap berbagai penyakit, misalnya sebagai antioksidan dan antibodi.

Mengapa Makanan Sehat Diperlukan untuk Tubuh?

Mengingat betapa pentingnya makanan bagi tubuh kamu, maka sebaiknya makanan yang kamu konsumsi adalah makanan yang sehat. Makanan yang memenuhi syarat kesehatan atau sering kali disebut makanan sehat harus memenuhi 3 hal penting.
  1. Makanan tersebut harus higenis, yaitu makanan yang tidak mengandung penyakit atau zat yang dapat membahayakan kesehatan kita.
  2. Makanan tersebut harus bergizi, yaitu makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, protein, mineral dan vitamin dalam jumlah yang seimbang dengan kebutuhan kamu.
  3. Makanan dengan porsi yang berkecukupan. Artinya makanan yang dapat memenuhi kebutuhan tubuh pada usia dan kondisi tertentu.
Ketiga hal tersebut diatas biasanya sering disebut dengan makanan 4 sehat 5 sempurna. Setiap jenis makanan mengandung beberapa nutrisi yang baik agar tubuh memperolah daya tahan yang lebih baik. Kalau tubuhmu sudah mengonsumsi 3 hal penting di atas, maka secara otomatis tubuh akan menjadi lebih sehat.
source: http://www.humanbodydetectives.com/blog/brief-history-germs-disease/

Untuk aktivitas sepanjang hari yang padat, tubuh memerlukan ketiga hal penting ini agar dapat menunjang dan memenuhi kebutuhan saat kamu berkativitas dengan baik sepanjang hari. Makanan yang sehat tidak perlu mahal ataupun mewah, yang penting adalah asupan gizi yang terkandung di dalamnya dan bagaimana cara penyajiannya agar dapat disantap dengan nikmat.

Jumlah kandungan gizi pada bahan makanan memang penting. Tetapi yang lebih penting adalah seberapa banyak gizi tersebut dapat dicerna dan diserap oleh tubuh kamu. Di dalam tubuh beberapa makanan tidak dapat diserap secara sempurna. Biasanya karbohidrat diserap sebanyak 98 %, lemak sebanyak 95 % dan dan protein diserap sebanyak 92 %.

Jenis Makanan Sehat

Makanan sehat dapat dikelompokkan ke dalam makanan pokok dan lauk pauk. Yang termasuk ke dalam kategori makanan pokok adalah makanan yang banyak mengandung karbohidrat. Umumnya terkandung di dalam beras putih, beras merah, jagung, kentang, roti, singkong dan sagu. Karbohidrat ini diperlukan sebagai sumber tenaga. Oleh sebab itu diperlukan karbohidrat yang cukup. Tetapi pilihlah karbohidrat yang baik dan sehat, seperti beras merah atau beras cokelat yang banyak mengandung serat yang baik untuk tubuh.
source: http://sehatplan.com/makanan-sehat-untuk-penyakit-jantung/

Untuk lauk pauk yang sehat dapat dipilih telur, tahu, tempe, daging ayam, dan ikan yang segar. Daging sapi tidak terlalu baik untuk tubuh dibandingkan dengan ikan segar, namun masih boleh dikonsumsi asal tidak terlalu sering.

Pilihlah sayur dan buah yang mengandung banyak serat seperti kubis, brokoli, asparagus, okra, pisang, pepaya, apel, alpukat, pir, kacang almond, dan sawo. Yogurt juga baik dikonsumsi untuk melancarkan pencernaan. Jangan lupa juga minum susu secara rutin untuk pembentukan sel-sel di tulang.

Mau Nyaman Beraktivitas?

Nah, melihat betapa pentingnya makanan sehat dan jenis makanan sehat tersebut di atas, mari mulai memilih jenis makanan yang akan kamu konsumsi dari sekarang. Selain jenis makanan, pola makan dan pola hidup juga mementukan kualitas dan kenyamanan hidup kita sepanjang hari, lho.
source: http://infoduit.com/makanan-paling-sehat-untuk-tubuh

Jangan makan terlalu kenyang, karena akan menimbulkan masalah di dalam tubuh. Selain itu, tubuh juga tidak dapat menerima semua jenis makanan dalam waktu yang bersamaan. Istirahat yang cukup dan berolah raga ringan dapat membantu menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat dan fit menghadapi aktivitasmu yang berat sepanjang hari. Ayo, sayangi tubuhmu dengan pola makan dan pola hidup yang lebih sehat.