Pilih Menu Sehat Saat Berbuka & Sahur

Saat berbuka, orang cenderung memilih menu yang berat dan nikmat. Menu yang baik tentunya mengandung gizi dan serat yang tinggi. Tujuannya agar kebutuhan gizi tetap terpenuhi dengan baik selama berpuasa. Sebaiknya hindari mengonsumsi junkfood ketika sahur dan berbuka karena kurang baik untuk pencernaan kamu, apalagi pada saat berpuasa seperti sekarang ini.
Hindari minum es terlalu banyak karena dapat memperlambat sirkulasi darah. Cukupi kebutuhan vitamin dan gizi dengan buah dan sayur segar. Sayur dan buah akan memberikan banyak energi saat berpuasa. Untuk itu, pada menu makan sahur dan berbuka, sediakanlah minimal 2 jenis buah untuk dikosumsi, seperti apel atau semangka.

Minum Air Putih yang Cukup

Ketika puasa, tubuh akan kehilangan banyak cairan sehingga menyebabkan dehidrasi. Karenanya, ketika kamu sahur atau berbuka disarankan untuk banyak minum air putih. Minumlah minimal 4 gelas pada saat sahur dan 2 gelas saat berbuka. Malam hari sebelum tidur minumlah 2-3 gelas lagi.
Selain mengganti cairan yang hilang air juga berfungsi membersihkan sistem sekresi, loh. Jadi kamu mendapat manfaat ganda. Minumlah air putih hangat, supaya tubuh tetap nyaman dan rileks selama berpuasa.

Jalani Sunnah Puasa

Saat berpuasa kita dianjurkan untuk makan sahur pada saat mendekati waktu imsak dan berbuka sesegera mungkin setelah matahari terbenam. Sementara itu, kamu juga disunnahkan untuk berbuka dengan makanan yang manis seperti kolak atau kurma. Nah, sebaiknya kamu menjalani semua sunnah tersebut karena menurut penelitian semua anjuran tersebut dampaknya cukup baik bagi kesehatan.

Olah Raga & Tidur yang Cukup

Berpuasa bukan berarti berhenti berolahraga, namun tidak pula memaksakan diri untuk melakukan olahraga berat. Agar tubuhmu tetap segar, lakukanlah olahraga ringan pada saat ngabuburit seperti bermain bulu tangkis, tenis meja, jalan kaki di sekitar rumah atau jogging ringan. Aktivitas-aktivitas tersebut dapat mempelancar sirkulasi oksigen dalam tubuh sehingga stamina tetap terjaga.
Selama bulan Ramadhan ada yang beraktivitas pada malam hari seperti shalat tarawih dan tadarus Alquran. Namun ada juga yang malas-malasan dan tidur sepanjang hari. Perlu diketahui, kekurangan tidur saat berpuasa dapat menyebabkan tubuh tidak prima, loh. Begitu juga jika kamu terlalu banyak tidur. Terlalu banyak tidur menyebabkan glukosa tidak berfungsi dengan baik. Akibatnya tubuhpun mengalami kondisi lesu dan lemah yang berlebihan. Mau tubuh tetap sehat dan segar saat berpuasa? Cobalah cara di atas! Semoga bermanfaat.