Hairdo adalah seni menata rambut agar terlihat cantik dan menarik. Khususnya ketika menghadiri pesta, hairdo menjadi salah satu aspek yang tidak bisa di lupakan. Mengantri di salon dan mengeluarkan banyak biaya rela dilakukan demi tampil cantik. Tapi, kini kamu tidak perlu lagi antri di salon. Hanya berbekal latihan dan alat sekedarnya kamu bisa melakukan styling rambut sendiri di rumah tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam.

Mengepang rambut sudah dilakukan oleh masyarakat zaman dulu. Sebenarnya fungsi utamanya adalah agar rambut yang panjang tidak mengganggu aktivitas. Namun, seiring berjalannya waktu fungsi kepang terus mengalami perubahan hingga menjadi salah satu trend kecantikan penataan rambut hingga akhirnya berbagai model kepang pun bermunculan.

Sebelum mengepang rambut sebaiknya kamu menyisir rambut terlebih dahulu agar tidak kusut. Bila rambutmu termasuk yang megar dan susah diatur, sebaiknya gunakan vitamin rambut dan luruskan rambut dengan straightener iron untuk memudahkan proses pengepangan.

Apa Saja yang Diperlukan?

Sebelumnya, kamu perlu menyiapkan beberapa alat dan bahan agar proses hairdo kamu lebih lancar dan efisien.
 
source: http://content14.popxo.com/wp-content/uploads/2015/01/tools.jpg

  1. Jepit rambut
  2. Ikat rambut
  3. Magic volume powder
  4. Dry shampoo
  5. Hairspray
  6. Curly iron
Semua alat dan bahan di atas bisa kamu dapatkan dengan mudah di pasar atau supermarket terdekat. Bila tidak ada magic volume powder kamu bisa ganti dengan bedak bayi, tapi gunakan sedikit saja agar warna putihnya tidak membuat rambut justru terlihat kusam.

Langkah Membuat Crown Braid

Karena bentuk kepangan ini besar dan mengelilingi kepala seperti mahkota maka kamu perlu menambah volume rambut agar kepangan terlihat lebih mengembang. Gunakan volumizing mousse atau dry shampoo agar rambut lebih mengembang tapi tetap lembut.
 

Bagi dua rambut dan kepang dengan gaya fish braid. Caranya, pada salah satu bagian rambut bagi menjadi dua kelompok. Ambil sedikit rambut dari sebelah kanan dan silangkan pada bagian kiri lalu gabungkan. Lakukan lagi sebaliknya, ambil sedikit rambut sebelah kiri dan silangkan lalu gabungkan pada bagian kanan. Ulangi terus hingga membentuk kepangan.
 

Setelah hasil kepangan cukup panjang, tahan ujungnya dengan jari. Taburi dengan magic volume powder dan tarik hasil kepangan agar lebih bervolume. Lakukan perlahan-lahan agar tidak merusak bentuk kepangan.
 

Ulangi lagi mengepang dan menarik hasil kepangan hingga terlihat messy dan bervolume. Kemudian ikat ujung rambut dengan karet kecil. Lakukan hal serupa dengan bagian rambut yang lain.

Kini langkah selanjutnya adalah membuat kepangan menjadi bentuk crown yang mengelilingi kepala. Angkat salah satu hasil kepangan ke atas kepala kemudian jepit dengan jepitan rambut.
 

Rapihkan bagian belakang dan jepit kembali dengan jepitan rambut. Sembunyikan jepit di balik rambut agar hasilnya lebih natural. Selalu gunakan jepit rambut yang baru agar hasil jepitan lebih kencang.
 

Lakukan hal serupa dengan hasil kepangan yang lain. Selipkan ujung yang mencuat keluar diantara kepangan dengan jepitan.
 

Keriting sisa poni yang menjuntai agar terlihat lebih alami.
 

Voila! Crown braid sudah jadi. Semprotkan hairspray untuk hasil yang lebih tahan lama.
 
Nah, itulah cara membuat crown braid yang cantik dan elegan. Kamu bisa gunakan gaya ini untuk tampil di pesta dengan tambahan aksesoris cantik seperti jepitan pearl atau perak. Bila masih kurang jelas dengan penjelasan di atas kamu bisa simak secara langsung dari tutorial video berikut ini. Selamat berkreasi!
 
youtube:NmnVCWrn9gk
source: https://www.youtube.com/watch?v=NmnVCWrn9gk
Queen Braid Hair Tutorial | KayleyMelissa