1. Pelembab Secukupnya

Agar makeup tetap tahan lama sebaiknya rawat wajah dengan baik. Seperti menggunakan bahan alami untuk menutrisi kulit. Tak lupa, aplikasikan pelembab wajah secukupnya. Pemakaian pelembab yang berlebihan atau terlalu tebal membuat makeup cepat luntur. Pilih pelembab yang formulanya ringan dan mengandung SPF.
source: http://kicantik.com/pelembab-untuk-kulit-berminyak-yang-terbaik-dan-tepat/

2. Memakai Primer

Sebelum memakai foundation sebaiknya aplikasikan primer. Gunakan primer hanya sebesar butiran kacang kemudian baurkan pada seluruh wajah. Face primer yang terlalu tebal membuat alas bedak menggumpal dan mudah luntur. Setelah menggunakan foundation baru bubuhkan bedak tabur. Partikel bedak tabur dapat menyerap minyak dan keringat yang berlebihan.
source: https://www.birchbox.com/shop/make-face-primer-spf-30

3. Hindari Produk Bubuk

Saat ini sudah banyak produk kosmetik seperti eyeshadow maupun blush on berbentuk gel. Selain lebih tahan lama warnanya juga lebih intens daripada produk makeup dengan tekstur powder. Biasanya produk berbentuk gel ini lebih tepat digunakan untuk kulit yang cenderung kering. Bila kamu tetap ingin menggunakan eyeshadow sebaiknya gunakan base eyeshadow terlebih dahulu agar lebih tahan lama.
source: http://www.maybelline.com/products/eye-makeup/eye-shadow/eye-studio-color-tattoo-24hr-cream-gel-shadow.aspx

4. Lipstik

Selain memilih lipstik berkualitas baik, ada trik tersendiri agar lipstik tetap tahan lama. Aplikasikan foundation pada bibir sebelum memakai lipstik. Foundation dapat membuat lipstik menempel sempurna dan warnanya lebih tahan lama.
source: http://lifestyle.liputan6.com/read/2282792/rahasia-memakai-lipstik-agar-bibir-lebih-menarik

5. Setting Spray

Semprotkan setting spray setelah selesai makeup. Setting spray akan membentuk lapisan yang melindungi wajah agar tidak mudah luntur. Kamu bisa menyimpannya terlebih dahulu di dalam kulkas agar lebih segar saat digunakan.
source: http://otakusiren.tumblr.com/post/111638277416/i-think-ive-found-a-saving-grace-to-cosplayers