Kulit bibir sejatinya memerlukan nutrisi dan kelembapan sama seperti kulit tubuh. Hanya saja perawatan bibir jelas berbeda dengan merawat kulit tubuh. Butuh bahan-bahan yang telah teruji aman dan perlakuan yang hati-hati agar bibir tetap sehat.

Scrubing Bibir

Bila biasanya kamu jarang merawat bibir. Maka sekarang adalah waktu yang tepat untuk mulai memperhatikan kesehatan bibir. Semakin sering dirawat maka bibir akan semakin cantik dan sehat. 

Langkah perawatan pertama adalah dengan melakukan scrubing bibir, yaitu proses pengangkatan sel-sel kulit mati pada bibir yang seringkali kering dan mengelupas. Hentikan kebiasaan menarik kulit mati secara paksa karena hanya akan membuat bibir luka dan terasa perih. Sebaiknya lakukan scrubing seminggu sekali untuk memberi jeda waktu bagi bibir untuk meregenerasi sel-sel kulit baru.
 
source: http://www.cosmopolitan.co.id/

Alat dan bahan yang diperlukan juga cukup mudah didapat yaitu:
  1. Pelembap bibir (bukan lip glos atau lip balm tapi merupakan krim pelembap khusus untuk bibir seperti Vaselin Petroleum Jelly, Lucas Papaw Ointment atau Nivea Lip Butter)
  2. Sikat gigi bayi
  3. Kapas
 
source: https://1.bp.blogspot.com/-C4PgANfpwSA/Vw2pQNp-vCI/AAAAAAAABqE/Xjf9uT1crcUwafQ9eCQK3RXBBuABz-Z6gCLcB/s640/brushing-lip.jpg

Langkah Scrubing Bibir :
  1. Oleskan pelembap bibir sampai terlihat glossy dan berminyak. Oleskan cukup banyak agar memudahkan proses pengelupasan.
  2. Sikat dengan perlahan menggunakan sikat gigi bayi. Hindari menyikat terlalu keras agar bibir tidak luka.
  3. Setelah kulit mati terkelupas, angkat dengan kapas basah sampai bersih.
  4. Oleskan lagi pelembap tipis-tipis untuk menjaga bibir agar tidak kering.

Gunakan Pelembap

Bila kamu termasuk orang yang suka menggunakan pelembap bibir sebelum beraktivitas langkah tersebut sudah benar. Namun, pengunaan pelembap tidak hanya terbatasi saat beraktivitas saja. Sebelum tidur gunakan lagi pelembap bibir agar hasil yang di dapat lebih maksimal.

Ketika tidur tubuh akan melakukan proses regenerasi dan penyerapan vitamin dengan lebih sempurna. Karena itu mengoleskan pelembap sebelum tidur dapat menjadi treatment yang baik untuk menjaga kelembapan bibir. Sebaiknya gunakan lip balm tanpa rasa dan warna untuk menghindari penyerapan zat-zat yang tidak penting.

Hindari Lipstick Matte

Lipstick matte memang menghasilkan warna yang cantik dan penggunaan yang simpel. Namun menggunakan lipstick jenis ini dapat membuat bibir menjadi kering dan tidak nyaman. 

source: http://i2.wp.com/i.telegraph.co.uk/multimedia/archive/03025/make-up1_3025562b.jpg?w=640
Mengakali lipstick matte dengan pelembap memang tidak salah. Tapi, perlu diketahui bahwa cara ini kurang efektif karena formulasi lipstick matte tetap akan mengeringkan bibir setelah beberapa menit pengaplikasian. Lebih baik hindari menggunakan lipstick matte selama berpuasa. Gunakan pewarna bibir yang ringan dan sheer seperti lip balm atau lipstick satin untuk menjaga kelembapan bibir.

Nah, itulah tips mudah untuk merawat bibir saat puasa agar tidak kering dan pecah-pecah. Jaga semangat berpuasa dengan bibir yang sehat dan lembap.