Selain berfungsi sebagai alat bantu pengelihatan bagi mereka yang bermata minus, kacamata ternyata juga berfungsi sebagai fashion item bagi beberapa orang. Namun sayangnya menggunakan kacamata seringkali memberi kesan yang kurang nyaman terutama bagi pemilik kulit wajah berminyak. Hal ini terjadi karena produksi minyak di daerah hidung mengalami gesekan akibat penyangga kacamata yang kerap naik turun dan membuat alas bedak menggumpal, akibatnya riasan wajah jadi terlihat kurang maksimal.
source: https://www.google.com/search?q=nerd+style&client=firefox-b-ab&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwiB5dmMscPNAhWIspQKHay0ANEQ_AUICCgB&biw=1138&bih=548#tbm=isch&q=wanita+berkacamata&imgrc=_XhnI2JWlFhtVM%3A
Beberapa wanita mengatasi hal ini dengan memilih beralih menggunakan lensa kontak daripada kacamata. Tapi, faktanya tampilan makeup-mu juga bisa disiasati agar tetap nyaman walau menggunakan kacamata sekalipun.

Buat Base Makeup Yang Baik

Base makeup berperan penting dalam hal kenyamanan penggunaan kacamata. Usahakan untuk menggunakan produk dengan label oil free atau oil control untuk mencegah produksi minyak berlebih. Pertama gunakan primer agar make up tidak mudah luntur. Lalu aplikasikan foundation bebas minyak, utamakan kulit di sekitar daerah hidung agar hasilnya lebih matte. Jangan lupa gunakan concealer pada daerah bawah mata dan aplikasikan loose powder free sebum untuk hasil make up tahan lama. Bagi pemilik kulit berminyak fokuskan pengaplikasian bedak pada daerah T-zone.

Kamu bisa ganti foundation dengan BB Cream atau CC Cream yang lebih ringan dan menyatu di kulit agar hasil makeup lebih natural. Yang terpenting dalam langkah ini adalah pertahankan kondisi kulit jauh dari minyak dan gunakan produk yang menyatu di kulit serta tidak mudah menggumpal. Beberapa rekomendasi produk yang menahan minyak dengan baik adalah L'oreal Paris Infallible Pro-Matte Foundation dan Innisfree No Sebum Mineral Powder.

Fokus pada Mata

Ketika kamu menggunakan kacamata otomatis sorotan utama orang-orang di sekitarmu tertuju pada daerah mata. Karena itu kamu perlu memberikan kesan mata yang cantik walau berada di balik lensa. Pertama, jangan takut menggunakan eyeshadow. Penggunaan eyeshadow yang tepat tidak akan membuat mata terasa berat atau aneh. Pilihlah eyeshadow dengan warna-warna natural yang menyatu dengan kulit seperti cokelat, putih gading, atau soft pink. Warna-warna natural akan membantu mata terlihat lebih segar.
source: https://www.google.com/search?q=nerd+style&client=firefox-b-ab&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwiB5dmMscPNAhWIspQKHay0ANEQ_AUICCgB&biw=1138&bih=548#tbm=isch&q=natural+eyeshadow+look&imgrc=9xJVOC35paoreM%3A
Kedua, kamu bisa keriting bulu mata kamu dengan eyelash curler dan sapukan mascara agar ujung bulu mata tidak mengenai kaca lensa. Cara ini juga bisa membuat mata kamu terlihat lebih terbuka dan fresh.
Ketiga, aplikasikan eyeliner untuk membentuk garis matamu. Warna eyeliner dapat dipadupadankan agar sesuai dengan frame kacamata yang kamu gunakan. Misalnya kamu bisa gunakan warna biru ketika menggunakan frame hitam, atau sapukan black eyeliner tipis-tipis untuk frame kacamata berwarna cerah. Selain itu bila ingin tampilan yang lebih alami kamu bisa pilih warna cokelat muda untuk membingkai mata.
source: https://www.google.com/search?q=nerd+style&client=firefox-b-ab&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwiB5dmMscPNAhWIspQKHay0ANEQ_AUICCgB&biw=1138&bih=548#tbm=isch&q=eyeliner+look&imgrc=s1uGIqNS88Rk7M%3A
Bentuklah eyeliner kamu mengimbangi bentuk frame. Bila menggunakan frame dengan ujung runcing sebaiknya jangan membuat eyeliner model cat's eye karena justru akan menimbulkan kesan berlebihan dan tua. Bentuklah eyeliner senatural mungkin agar garis mata terlihat seimbang di balik frame kacamata yang kamu gunakan.

Buat Alis Tegas

Frame kacamata bisa membuat alis terlihat kurang hidup karena tersaingi warna dan bingkai frame yang membujur di sekitar alis. Maka, gambarlah alis dengan membuat sedikit arch agar terlihat lebih tegas. Jangan lupa isi alis dengan warna senada seperti warna rambut kamu sehingga terlihat lebih menyatu dan natural. Sisirlah alis dengan spoolie brush agar warnanya lebih rata.
Bila kamu penggemar alis lurus ala Korea. Kamu tetap bisa membuat alis tersebut dengan membuat aksen runcing pada bagian ujung alis sehingga mata kamu terlihat lebih tegas dan mengimbangi frame kacamata yang kamu pakai.

Beri Perona Pipi

Wajah yang pucat akan membuat tampilan menjadi buruk bahkan tanpa kacamata sekalipun. Oleskan warna-warna seperti pink, oranye atau peach agar terlihat lebih segar. Aplikasikan pada tulang pipi dengan gerakan melingkar agar terlihat lebih muda. Hindari mengusapkan warna blush on terang membentuk garis panjang seperti membuat kontur karena akan memberi hasil wajah yang terlihat dewasa.
source: https://www.google.com/search?q=nerd+style&client=firefox-b-ab&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwiB5dmMscPNAhWIspQKHay0ANEQ_AUICCgB&biw=1138&bih=548#tbm=isch&q=how+to+apply+blush+on&imgrc=NmPGMDqL_2E0uM%3A

Mainkan Warna Bibir

Lipstick juga bisa jadi faktor penting dalam keseluruhan tampilanmui. Pasalnya warna bibir yang tidak sesuai dengan bentuk frame bisa membuat look kamu terlihat aneh atau berlebihan. Cara menyeimbangkan warna bibir dengan kacamata tidaklah sulit. Cukup pilih warna-warna yang terang yang dapat membuat kamu terlihat segar dan lebih hidup. Seperti pink muda dan brown nude untuk day look atau merah untuk tampilan malam hari. Hindari warna-warna pucat atau terlalu gelap karena akan membawa kesan tua.
source: http://www.minq.com/beauty/27089/17-makeup-hacks-that-every-girl-who-wears-glasses-needs-to-know/
Gradient lips juga cocok diterapkan untuk mendapatkan kesan alami. Kamu tinggal mengoleskan lipstick pada bagian tengah dan ratakan warnanya menggunakan bibir untuk hasil natural.

Semprotkan Setting Spray

Setelah semua makeup selesai semprotan setting spary dan tunggu sampai mengering baru gunakan kacamata. Setting spray dapat menahan semua makeup yang sudah kamu aplikasikan tetap pada tempatnya. Selain itu fungsi setting spray yang menahan minyak berlebih bisa menolong kamu untuk mendapatkan wajah yang stay matte di balik lensa kacamata.

Nah, itulah beberapa tips untuk mensiasati rasa tidak nyaman saat menggunakan kacamata. Sekarang kamu siap untuk beraktivitas dengan nerd style. Have a nice day!