Exfoliasi Dengan Enzim Tertentu

Mengeksfoliasi wajah dapat membuat wajah menjadi lebih bersih dari sel kulit mati, jerawat maupun komedo. Pilih kandungan eksfoliator yang dapat meluruhkan sel kulit mati yang menjadi penyebab utama timbulnya komedo. Kamu bisa menggunakan produk yang mengandung enzim dari pepaya atau nanas. Untuk menghilangkan komedo secara menyeluruh, gunakanlah produk tersebut 2 kali seminggu secara rutin.
Use an enzymatic exfoliator at least twice a week. "I like masks that have papaya, charcoal, pineapple extract, or clay to debride—or wash away—surface skin cells.
source: http://www.allure.com/beauty-trends/blogs/daily-beauty-reporter/2016/02/how-to-get-rid-blackheads.html

Masker Wajah

Setelah mengeksfoliasi wajah, lanjutkan perawatan menggunakan clay mask. Masker ini bermanfaat untuk mengurangi produksi minyak berlebih yang menjadi pemicu munculnya jerawat dan mengangkat komedo secara menyeluruh. Walaupun menyerap minyak,clay mask tidak membuat wajah kering, jadi aman digunakan selama 2 kali seminggu.
"Using an oil-absorbing clay mask once a week for 10 to 15 minutes will help control the amount of oil on your skin," says Draelos. "
source: http://www.cosmopolitan.com/style-beauty/g2670/how-to-get-rid-of-blackheads/?

Pembersih Wajah yang Tepat

Selain melakukan perawatan mingguan, perawatan harian juga memiliki peran penting untuk menjaga kebersihan wajah dari komedo. Kami menyarankan untuk menggunakan sabun wajah yang mengandung asam salisilat. Manfaat dari zat ini adalah meluruhkan minyak dan kotoran yang menyumbat pori-pori penyebab komedo.
The best way to break down oil in clogged pores is by using beta-hydroxy acid (salicylic) or combination peels containing salicylic acid,” says Dr. MacGregor.
source: http://www.huffingtonpost.com/2012/11/20/blackheads-get-rid-of-removal-nose_n_2166779.html