1. Hindari Tidur Larut Malam

Penyebab lingkaran hitam bawah mata yang paling utama terjadi karena terlalu sering tidur larut malam. Kebiasaan begadang malam hari membuat mata kelelahan dan kualitas waktu istirahat berkurang. Setidaknya manfaatkan waktu istirahat 7-8 jam untuk memenuhi kualitas tidur yang baik. Selain itu juga untuk mencegah munculnya mata panda.
source: http://makassar.tribunnews.com/2015/06/26/inilah-bahaya-jika-kebiasaan-tidur-larut-malam

2. Memakai Tabir Surya

Pemakaian tabir surya memang dianjurkan untuk mencegah sinar matahari langsung pada kulit. Bila terlalu sering terpapar sinar ultraviolet nyatanya bisa menyebabkan munculnya mata panda. Karena produksi melanin yang semakin meningkat dapat menggelapkan area mata. Untuk itu pakailah sunscreen saat berada di luar rumah.
source: http://www.aol.com/article/2013/05/21/learn-how-to-properly-apply-your-sunscreen/20578123/

3. Konsumsi Cairan yang Cukup

Kurangnya konsumsi cairan pada tubuh dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi. Masalah ini nyatanya tak hanya membuat kulit kering tapi juga bisa memunculkan lingkaran hitam pada area mata. Untuk itu cukupi kebutuhan cairan 8 gelas sehari.
source: http://lifestyle.bisnis.com/read/20160605/106/554530/tips-puasa-mengatur-konsumsi-asupan-cairan-selama-puasa

4. Posisikan Kepala Lebih Tinggi Saat Tidur

Gunakan dua bantal saat tidur untuk menyanggah kepala. Bagian kepala yang lebih tinggi dapat memperlancar peredaran darah dari bagian atas hingga bagian bawah tubuh.
source: http://survivalis.blogspot.co.id/2009/10/pengaruh-tidur-terhadap-kesehatan.html

5. Konsumsi Sayuran dan Buah

Konsumsi sayura dan buah yang mengandung vitamin untuk menutrisi tubuh. Selain itu sayuran dan buah akan membantu kecantikan kulit dari dalam. Konsumsi sayuran dan buah juga mampu menetralisir dan melunturkan racun di dalam tubuh yang menyebabkan munculnya mata panda.
source: http://www.cantikalamiku.com/cara-mencegah-jerawat-tumbuh-kembali-dengan-rajin-konsumsi-sayur-dan-buah/

6. Kurangi Konsumsi Kafein dan Alkohol

Kandungan kafein dan alkohol ternyata dapat menyerap cairan di dalam tubuh. Bila berlangsung terus menerus bisa menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi. Kekurangan cairan bisa menyebabkan munculnya lingkaran hitam di bawah mata.
source: https://www.dokter.id/berita/apa-bahaya-konsumsi-kopi-berlebihan-pada-kesehatan

7. Kurangi Makan Makanan Asin

Konsumsi garam yang berlebihan membuat tubuh bekerja lebih keras. Karena garam dapat menyerap cairan pada tubuh. Dehidrasi yang terjadi di dalam tubuh dapat menghambat peredaran darah dan menumpuk di bagian tertentu seperti bawah mata.
source: http://www.merdeka.com/sehat/suka-makanan-asin-hati-hati-kena-kanker-perut.html