1. Jangan Menggosok Mata Terlalu Keras

Hal yang paling dasar yang harus kamu lakukan yaitu hindari menggosok mata terlalu keras. Mungkin terlihat simpel dan sepele, namun jika hal ini sudah menjadi kebiasaan, akan menjadi hal yang cukup sulit untuk menghentikannya. Namun perlu diperhatikan, selain tidak baik bagi kesehatan mata, menggosok mata terlalu keras juga dapat memicu kulit di bawah mata menjadi lebih gelap atau hitam. Berusahalah semaksimal mungkin untuk menghilangkan kebiasaan menggosok mata terlalu keras mulai dari sekarang!
source: http://www.pulangkerja.com/bahaya-dari-mengucek-mata-tanpa-kita-sadari/

2. Cegah Anemia atau Kurang Darah

Anemia juga merupakan pemicu munculnya lingkaran hitam di bawah mata. Untuk mencegahnya kamu bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi seperti, ikan, daging, telur, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau, dan biji labu. Selain itu, konsumsi pula makanan yang dapat membantu penyerapan zat besi di dalam tubuh seperti sayuran dan buah-buahan.
source: http://www.sangobion.co.id/bebasanemia/taklukkan-anemia-musuh-produktivitas.php

3. Gaya Hidup Sehat

Menerapkan gaya hidup sehat tidak hanya berpengaruh pada penampilan kulit kita, tetapi memberi pengaruh pula untuk kesehatan tubuh. Untuk mencegah munculnya lingkaran hitam di area mata, kamu bisa mengurangi konsumsi kafein dan meninggalkan kebiasaan mengonsumsi minuman keras. Selain itu, jangan lupa untuk perbanyak minum air putih dan tidur yang cukup minimal delapan jam sehari.
source: http://www.nusakini.com/news/7-tips-cara-hidup-sehat

4. Hindari Paparan Sinar Matahari secara Langsung

Tak dipungkiri, terlalu sering terpapar sinar matahari dapat membuat kulit menjadi lebih gelap, begitu pula pada kulit di area mata. Jika harus terpapar sinar matahari, terlebih di saat terik pada siang hari, jangan lupa untuk melindungi area matamu juga. Gunakan tabir surya dan perlindungan luar tubuh seperti topi, payung atau kacamata hitam bila diperlukan.
source: http://www.wowmenariknya.com/2016/03/lindungi-kulit-anda-dari-sinar-matahari-agar-awet-muda.html

5. Tempelkan Irisan Timun yang Dingin

Meski dalam upaya pencegahan dan mata panda belum muncul, tidak ada salahnya jika kamu menempelkan irisan mentimun yang dingin pada matamu yang lelah. Selain dapat menjadi perawatan ekstra, irisan mentimun yang dingin akan memberi rasa segar pada wajah dan area mata serta dapat membuat kamu menjadi lebih rileks.
source: http://www.kesekolah.com/artikel-dan-berita/kesehatan/ayo-jaga-kesehatan-mata-dengan-7-langkah-ini.html
Semoga bermanfaat!