Sikat Gigi Setelah Buka dan Setelah Sahur

Sikat gigi seperti biasanya, lakukan rutin setelah buka puasa atau setelah sahur. Sikat gigi berfungsi untuk menghilangkan bakteri-bakteri yang ada di dalam gigi yang menyebabkan bau mulut. Pakai juga mouthwash yang tidak mengandung alkohol karena efeknya akan memperkering mulut. Menurut penelitian internasional penggunaan sikat gigi dari pohon siwak sangat efektif dalam membersih mulut.

Teh Hijau

Teh hijau mengandung zat aktif yang disebut catechin yang dapat membunuh bakteri di mulut dan menghapus gula dari plak dan menghilangkan penyebab bau mulut. Teh bunga lavender juga ampuh untuk mengendalikan dan membunuh bakteri penyebab bau mulut. Minum teh hijau atau teh bungan lavender saat berbuka puasa atau saat sahur.

Minum Air Putih

Pada saat sahur, usahakan minum 2-3 gelas air putih. Minum banyak air dapat menghindarkan bau mulut selama berpuasa yang disebabkan oleh keringnya mulut. Minum banyak air putih juga mampu menjaga tubuh agar tidak dehidrasi. Saat berwudhu sebelum sholat, berkumurlah dengan benar. Ini untuk membersihkan kotoran-kotoran dan bakteri pada mulut khususnya masih menempel di sela-sela gigi.