1. Minum 2-3 Gelas Air Putih Saat Sahur

Selama berpuasa, produksi saliva akan berkurang tanpa asupan makanan dan minuman. Hal ini menyebabkan mulut kering sehingga bakteri akan mudah berkembang biak dan mengakibatkan bau mulut. Pada saat sahur, minumlah 2-3 gelas air putih untuk mencegah mulut dari kekeringan serta mencegah dehidrasi agar tubuh tetap segar. Begitu juga saat berbuka, minum 2 gelas air putih dan pada malam hari, minumlah setidaknya 3-4 gelas air putih. Air putih tidak hanya sebagai penghilang dehidrasi namun juga sebagai penyeimbang cairan dalam tubuh serta beragam manfaat lainnya.
source: https://3.bp.blogspot.com/-E7rwLFE5EPE/VsXa85N7l3I/AAAAAAAAAvw/LlMZS1aw_vc/s1600/Coba%2BMinum%2BAir%2BPutih%2BSaat%2BPerut%2BKosong%2B.jpg

2. Menggosok Gigi Secara Teratur dan Gunakan Mouthwash

Tetaplah menyikat gigi seperti biasa. Usahakan jangan sampai ada yang tertelan. Jika perlu, gunakan mouthwash untuk menjangkau sela-sela yang tidak dapat dicapai sikat gigi. Menyikat gigi dengan sempurna serta menggunakan mouthwash dapat mengurangi bau mulut saat puasa. Hal ini dikarenakan bakteri dan sisa makanan yang masih tersisa dapat dihilangkan sehingga dapat menghilangkan bau mulut.
source: https://kesehatangigi.blogspot.co.id/2014/06/10-cara-benar-menggosok-gigi.html
Pada saat berpuasa, gosoklah gigimu dengan lebih sempurna dengan teknik yang benar. Sikatlah gigi dengan gerakan vertikal agar sisa makanan maupun bakteri pada sela-sela gigi dapat terangkat dengan baik. Jangan lupa untuk menyikat gigi bagian dalam, lidah, serta langit-langit mulut. Gunakan mouthwash sebagai penyegar dan mengurangi bakteri yang tersisa.

3. Konsumsi Makanan dan Minuman Pencegah Bau Mulut

Menggosok gigi dan berkumur merupakah langkah utama yang bisa dilakukan untuk mencegah dan menghilangkan bau mulut. Selain itu, kamu juga dapat mengonsumsi beberapa makanan dan minuman yang dapat mencegah bau mulut. Beberapa bahan yang dapat dicoba untuk mencegah bau mulut diantaranya adalah teh, yoghurt serta buah dan sayuran yang kaya serat.
source: http://3.bp.blogspot.com/-odxXQswCC6s/VNWGIGq_AiI/AAAAAAAAAqI/4NvgujM-Uto/s1600/Yogurt_11.jpg
Teh dikenal sebagai bahan ampuh untuk mengilangkan bau mulut karena mengandung polifenol dan antioksidan. Kamu dapat mengonsumsi teh hijau ataupun teh hitam tanpa gula sebagai bahan ampuh menghilangkan bakteri di mulut. Yoghurt dapat menghilangkan plak dan mencegah resiko berbagai penyakit gigi dan mulut. Kamu dapat mengonsumsi yoghurt tanpa gula untuk menghilangkan bau mulut sekaligus plak secara berkala. Selain itu, mengonsumsi makanan berserat juga efektif untuk menghilangkan sisa kotoran yang menempel, sifatnya sama seperti ketika kita menggosok gigi. Selain itu, makanan berserat sangat baik untuk pencernaan ketika akan menjalankan ibadah puasa.