Perlindungan dari Sinar UV

Banyak menghabiskan waktu di luar ruangan membuat kulitmu lebih berisiko terbakar matahari. Oleh karena itu, penting untuk memasukkan produk makeup dengan SPF agar kulit tidak terbakar saat traveling.
source: http://ryoko-tatsujin.net/ryoko-skill/27780/
1. Cek Masa Kedaluarsa Sunblock

Coba ingat kapan kamu membeli sunblock? Sunblock yang sudah dibuka memiliki jangka waktu efektif 1 tahun. Sedangkan sunblock yang belum dibuka dapat digunakan dalam jangka waktu 3 tahun agar dapat bekerja efektif. Pastikan kamu menggunakan sunblock yang belum kedaluarsa agar dapat melindungi kulit secara efektif dari dampak buruk sinar ultraviolet.

2. Usapkan Sunblock pada Tahap Awal Makeup

Untuk base makeup sempurna yang dapat melindungi wajah dari sinar UV, usapkan sunblock pada tahap awal. Urutannya adalah menggunakan sunblock lebih dulu, kemudian base makeup atau primer, foundation, baru dilapisi dengan face powder di tahap akhir. Dengan begini, base makeup akan lebih tahan lama sekaligus memberi proteksi terhadap sinar UV yang maksimal terhadap wajahmu.
source: http://www.bonboncosmetics.com/shiseido-maquillage-dramatic-skin-sensor-base-uv-spf25-pa-25ml-spring-2016-new-item/
3. Cara Mengusapkan Sunblock

Menggunakan sunblock terlalu sedikit akan menjadi kurang efektif. Namun menggunakan sunblock terlalu banyak justru akan membuat wajahmu lebih cepat berminyak. Oleh karena itu, usapkan sunblock secukupnya hingga seluruh bagian wajahmu terlapisi. Gosokkan sunblock pada wajah mulai bagian hidung lalu mengarah keluar pada seluruh bagian wajah. Bagian wajah yang paling menonjol seperti hidung dan dahi merupakan bagian yang akan lebih mudah terbakar sinar matahari sehingga perlu perhatian khusus.

Makeup Tahan Lama

Udara yang lembab dan panas matahari membuat wajah menjadi berkeringat sehingga membuat makeup menjadi cepat luntur. Diperlukan trik khusus agar makeup tak mudah pudar walaupun cuaca panas.
source: http://mery.jp/125238
1. Persiapan yang Matang

Kunci dari makeup yang tahan lama adalah persiapan sebelum makeup. Perhatikan produk-produk base makeup yang akan kamu gunakan dan hindari menggunakan produk yang dapat membuat wajahmu menjadi berminyak nantinya. Gunakan tissue atau face paper untuk menyerap minyak berlebih yang menempel pada wajah setelah menggunakan moisturizer. Beri jeda antara penggunaan produk skincare agar dapat menyerap sempurna.

2. Wajib Menggunakan Base Makeup

Menggunakan primer sebelum memakai foundation dapat mencegah makeup agar tidak cepat pudar dan lebih tahan lama. Gunakan primer dengan mengusapkannya tipis-tipis pada seluruh wajah menggunakan ujung jari dan ratakan menggunakan sponge. Tekan-tekan pada daerah yang mudah berminyak seperti T-zone.
source: https://faura.jp/articles/RnAe6LmH
3. Selalu Usapkan Tipis-Tipis

Penting untuk mengusapkan seluruh produk base makeup secara tipis-tipis. Mengusapkan secara tebal dan tidak rata justru membuat makeup menjadi mudah luntur. Oleh karena itu, selalu usapkan base makeup, foundation, dan powder dengan layer yang tipis dan merata.

Jangan Lupa Bersihkan Secara Menyeluruh

Saat malam tiba, tubuh biasanya akan terasa lelah setelah jalan-jalan seharian penuh. Hati-hati, jangan sampai kamu malas mencuci muka karena dapat menimbulkan permasalahan kulit nantinya.

1. Bahaya Tidak Membersihkan Muka Secara menyeluruh

Produk mengandung SPF harus dibersihkan secara menyeluruh dari kulit, apalagi setelah bekerja menangkis sinar UV sepanjang hari. Sunblock yang tidak dibersihkan dari wajah dapat berisiko membuat pori-pori jadi lebih besar, meimbulkan jerawat atau komedo, dan bisa membuat kulit semakin kering.
source: http://kirei39.com/skin-care/
2. Cara Membersihkan Wajah dari Sunblock

Beberapa orang beranggapan bahwa semakin rendah nilai SPF sunblock maka semakin mudah membersihkannya. Tapi anggapan ini tidak benar. Memang ada beberapa produk sunblock yang bisa dilunturkan hanya dengan menggunakan air hangat maupun sabun muka biasa, tapi setiap produk berbeda. Agar lebih aman, selalu bersihkan muka dengan cleansing oil, cleansing balm, atau cleansing milk kemudian cuci muka dengan sabun pembersih muka.
3. Bersihkan Secara Lembut

Sunblock telah bekerja sepanjang hari melindungi kulit dari dampak buruk sinar UV. Oleh karena itu, kamu harus berhati-hati saat membersihkan kulit yang telah terbebani. Bersihkan dengan gerakan memijat lembut dan gunakan gentle cleanser.
source: https://www.thesoaphaven.com/soap-facts/parabens/