Setelah cukup lama pasar kosmetik di penuhi tren cushion asal Korea. Kini, Indonesia mulai ambil langkah untuk bersaing. Mineral Botanica, brand lokal yang berproduksi di daerah Bandung Jawa Barat kini sudah resmi merilis produk cushion pertama mereka yang diberi label Mineral Botanica Air Cushion Foundation.
source: https://www.google.com/search?q=mineral+botanica+air+cushion+foundation&client=firefox-b-ab&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwiPgKn16LrNAhXEuY8KHSXwAfcQ_AUICCgB&biw=1138&bih=548#tbm=isch&q=komposisi+mineral+botanica+air+cushion+foundation&imgrc=Qc2vt1ldKT-fGM%3A
Seperti namanya, Mineral Botanica cushion ini berisi foundation cair dengan klaim mampu melembabkan, membuat wajah tampak lebih cerah dan bersinar. Tidak sulit mendapatkan produk yang satu ini, karena masih merupakan produk lokal Indonesia kamu bisa dengan mudah menjumpainya pada etalase toko kosmetik, counter brand bahkan di toko obat seperti Century. Harganya sekitar Rp180.000-Rp280.000 cukup bersaing dengan cushion-cushion Korea.

Packaging

Mari kita mulai review cushion lokal ini dari kemasannya. Bentuk casenya tidak jauh berbeda dengan cushion korea lainnya. Bulat berwarna putih dengan tulisan hitam. Sekilas memang tampak kurang cantik dibandingan case Laneige atau Sulwhasoo. Isi cushion bisa di lepas dari bawah sehingga Beautynesian tidak perlu membeli yang baru bila isinya habis cukup membeli refillnya saja. Untuk puff sendiri kualitasnya bagus dan agak mengagetkan karena teksturnya mirip dengan puff Laneige.
source: https://www.google.com/search?q=mineral+botanica+air+cushion+foundation&client=firefox-b-ab&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwiPgKn16LrNAhXEuY8KHSXwAfcQ_AUICCgB&biw=1138&bih=548#tbm=isch&q=mineral+botanica+air+cushion+foundation+baru&imgrc=PmUMUqzZUdfOOM%3A
Perbedaan selanjutnya adalah pada cushion Korea baru pasti terdapat sticker yang menutupi permukaan bantalan busa sedangkan Mineral Botanica tidak memasang sticker atau pun plastik di permukaan busanya. Namun, jangan langsung beranggapan negative dan berfikir cushion kamu bekas. Karena semua Mineral Botanica Air Cushion Foundation memang tidak menggunakan sticker. Mereka justru menggunakan bantalan berwarna putih bersih yang bila ditekan baru akan mengeluarkan cairan foundation di dalamnya yang otomatis bila masih baru tentu masih bersih, dan bila sudah bekas pastinya permukaan busa sudah berubah warna menjadi kecoklatan. Hal ini merupakan cara yang kreatif untuk menghindari pemalsuan produk.

Shade dan Coverage

Terdapat lima shade yang ditawarkan oleh Mineral Botanica yaitu light, rose, medium, beige dan deep beige. Semua shade ini sangat mengerti skin tone kulit wanita Indonesia sehingga tidak akan terlalu putih saat digunakan seperti rata-rata cushion Korea yang bershade terang.
source: https://www.google.com/search?q=mineral+botanica+air+cushion+foundation&client=firefox-b-ab&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ved=0ahUKEwiPgKn16LrNAhXEuY8KHSXwAfcQ_AUICCgB&biw=1138&bih=548#tbm=isch&q=mineral+botanica+air+cushion+foundation+baru&imgrc=uB8H9Zmm4xvEVM%3A
Bila ditekan dengan jari tekstur foundation dalam bantalan busa terasa encer. Dan untuk coverage masih masuk tingkat medium karena cukup bagus menutup bekas jerawat dan kemerahan. Bila di build untuk beberapa layer pun tidak cakey, sehingga bisa digunakan sebagai base makeup untuk full coverage makeup.

Hasil Akhir

Hasil akhir yang diberikan Mineral Botanica Air Cushion Foundation nampak glowy dan natural, karena warna foundie yang diaplikasikan akan menyatu dengan warna kulit wajah setelah beberapa menit. Namun sayangnya, cushion ini masih harus di set lagi dengan bedak agar hasilnya lebih tahan lama dan tidak terkesan greasy.
Dilihat dari segi oil control rasanya benar-benar tidak akan disukai oleh pemilik wajah berminyak. Karena memang dari awal klaim yang diberikan adalah melembabkan maka cushionnya terasa sangat oily saat dipulas. Bagi pemilik kulit kering produk ini sangat direkomendasikan mengingat fungsinya yang meningkatkan kelembaban wajah sehingga hasil makeup lebih natural. Selain itu juga kandungan Hyaluronic Acid yang berfungsi menghidrasi kulit juga menjadi nilai tambah karena tidak membuat wajah menjadi lebih kering setelah menggunakan makeup.
Kesimpulan review Mineral Botanica Air Cushion Foundation adalah:
Kelebihan: Mudah didapat, harga cukup terjangkau, shade sesuai skin tone wanita Indonesia, kualitas puff bagus, bisa di refill, medium coverage dan memberi kelembaban ekstra.
Kekurangan: Greasy dan harus di set ulang agar tidak mudah luntur.
Untuk kamu pemilik kulit kering tunggu apalagi, ayo coba sendiri kualitas cushion lokal buatan Indonesia.