1. Lupa membawa passport


Karena terburu-buru dan tidak mengecek barang bawaan, passport ketinggalan dan kamu ditolak terbang! Buat daftar bawaan penting dan cek lagi dokumen penting sebelum pergi ke bandara dan simpan di tempat yang aman.
source: http://www.keyvisathailand.com/unfortunately-for-me-i-forgot-to-take-my-passport-out-of-my-shorts-before-i-jumped-into-the-swimming-pool-in-my-passport-i-had-a-non-immigrant-visa-multiple-entry-which-now-we-cannot-read-i-went-to-t/

2. Ketinggalan pesawat


Kamu berangkat terlalu mepet atau terjebak macet sehingga kamu telat sampai di bandara dan pesawatmu sudah berangkat! Ini sering terjadi. Tidak ada salahnya untuk berangkat lebih awal dan tiba 2 jam sebelum penerbanganmu. Lebih baik menunggu daripada telat, kan?
source: http://www.dealchecker.co.uk/blog/2013/03/26/holiday-mishaps/

3. Bagasi hilang


Sebelum menyalahkan pihak maskapai yang telah menghilangkan bagasimu, ingat lagi apakah kamu menyimpan benda berharga di dalam kopermu? Apa kamu membawa uang tunai dan peralatan elektronik di dalamnya yang menyebabkan bagasimu dicuri? Untuk menghindarinya, lebih baik taruh benda berharga di tas atau kabin.
source: http://travelreportmx.com/tips-para-no-perder-tus-maletas/

4. Kurang persiapan


Kamu pergi sendiri dan kamu lupa mencari info bagaimana cara pergi ke kota dari bandara, atau ke tempat-tempat wisata yang kamu ingin. Selalu cari info hingga tuntas sebelum tiba di negara tujuan agar kamu tidak tersesat.
source: http://thetravelink.com/what-to-do-if-you-get-lost-travelling/

5. Packing terlalu banyak


Kamu hanya liburan 3 hari tapi membawa stok baju untuk seminggu. Akhirnya oleh-oleh yang kamu beli tidak muat untuk masuk ke dalam koper dan kamu harus membayar biaya kelebihan bagasi. Bawa barang seperlunya sesuai jumlah hari bepergian dan sisakan ruang pada koper saat berangkat untuk oleh-oleh.
source: http://intelligenttravel.nationalgeographic.com/2012/02/24/the-10-rules-of-packing/

6. Tidak membawa uang darurat


Kamu berlanja terlalu banyak, atau dompetmu dicopet sehingga kamu tidak bisa mengambil ATM ataupun pergi ke suatu tempat. Pisahkan uang dan kartu-kartu berharga di dompet terpisah, dan selalu sediakan uang darurat untuk situasi seperti ini.
source: http://www.feex.com/blog/what-to-do-when-you-are-running-out-of-money/

7. Salah booking


Kurang teliti dapat menyebabkan liburanmu kacau. Salah booking tanggal tiket pesawat atau hotel dapat menyebabkanmu merogoh kocek lebih banyak untuk menutupi kesalahanmu. Cek selalu detil dan tanggal booking untuk hal apapun sekali lagi sebelum membayarnya.
source: http://www.smartertravel.com/photo-galleries/editorial/10-hotel-booking-mistakes-you-dont-know-youre-making.html?id=820&photo=65749&max_photos=7
Berhati-hatilah agar kesalahan fatal di atas tidak terjadi saat liburanmu, ya!