1. Susun rencana


Setiap kantor umumnya memiliki rencana pekerjaan yang akan dilakukan selama beberapa bulan ke depan. Cek jadwal pekerjaanmu dan hindari bepergian di tanggal-tanggal sibuk agar liburanmu tidak terganggu.
source: http://counselinglibrary.org/

2. Pergilah saat long weekend


Kalau kamu butuh 4 hari untuk pergi ke Bangkok saat long weekend, kamu hanya perlu mengambil 1 hari cuti dan 3 hari tanggal merah. Lebih efisien daripada pergi saat hari kerja, kan?
source: http://www.ahbeard.com.au/sleepwell/planning-a-vacation-remember-to-plan-for-sleep/

3. Pilih tujuan dengan penerbangan singkat


Usahakan selalu bepergian dengan jarak penerbangan yang tidak terlalu lama, agar waktumu tidak terbuang di jalan. Carilah penerbangan langsung untuk menghemat waktu.
source: http://bhq.web.id/blog/2014/12/10-maskapai-penerbangan-kelas-bisnis-terbaik-di-dunia/

4. Manfaatkan business meeting


Kalau kamu bekerja di perusahaan berskala internasional dan memiliki cabang perusahaan di daerah atau negara lain, kamu beruntung! Saat perusahaanmu mengadakan company gathering, manfaatkan waktu sebaik mungkin. Kalau diperbolehkan, extend 1-2 hari sebelum atau setelah kegiatan tersebut.
source: http://metaphora.co.id/metaphora-family-gathering-januari-2011/

5. Tidurlah saat di pesawat


Gunakan waktu sebaik mungkin untuk merencanakan perjalananmu dan tidurlah saat di pesawat. Kalau memungkinkan, cari pesawat paling pagi untuk perjalanan pulang dan langsung pergi ke kantor pada pagi harinya.
source: http://www.travelandstyle.ca/travel-tips-how-to-get-a-better-sleep-on-the-plane/

76. Ajukan cuti jauh-jauh hari


Selalu selesaikan urusan pekerjaan sebelum kamu pergi liburan dan ajukan cuti jauh-jauh hari agar tidak mengganggu jadwal liburanmu. Beritahu partner kerjamu bahwa kamu akan cuti, sehingga mereka bisa bekerja sama menyelesaikan pekerjaan denganmu.
source: http://www.kaigrafia.com/2014/08/simple-hairstyles-for-office.html

7. Belikan oleh-oleh


Setelah meninggalkan pekerjaan, ada baiknya kamu membelikan sedikit oleh-oleh khususnya untuk rekan kerja yang kamu repotkan selama cuti. Dengan begini, mereka akan bersedia membantumu lagi di liburanmu selanjutnya.
source: http://ppetitefleur.blogspot.com/2013/09/bangkoks-souvenirs-and-shopping.html
Jadi tunggu apa lagi? Jangan jadikan pekerjaan sebagai alasan yang menghentikanmu dari liburan karena kamu bisa tetap liburan dengan tips-tips di atas!