1. Membersihkan Rumah

Kegiatan membersihkan rumah menjadi pembakar kalori yang efektif, loh. Setiap jam kita membersihkan rumah, kalori yang terbuang sebanyak 204 kkal. Wah, tak hanya rumah menjadi bersih, tubuh pun menjadi bugar dan sehat. Nilai kalorinya pun hampir setara dengan olahraga jalan cepat yang melepas 239 kkal per jam.

2. Naik Turun Tangga

Jika biasanya kamu menggunakan lift atau eskalator saat di kantor, cobalah menggunakan tangga selama bulan Ramadhan. Alih-alih berolahraga, naik tangga mampu melepaskan 440 kkal per jam. Angka ini lebih banyak dari olahraga angkat beban yang hanya melepas 341 kkal per jamnya.

3. Jalan-Jalan ke Pasar Ramadhan

Berjalan-jalan ngabuburit ternyata juga dapat menjadi ajang melepas kalori berlebih pada tubuh. Selagi bersenang-senang mencuci mata di pasar Ramadhan, tubuh kita melepas kalori sebanyak 188 kkal per jam.

4. Memasak Makanan Sahur dan Berbuka

Aktivitas rutin memasak pun mampu membuang kalori yang cukup banyak. Setiap jam kamu bekerja di dapur, kalori yang terbuang sebanyak 154 kkal. Wah, jangan malas lagi ya saat menyiapkan makanan sahur dan berbuka.

5. Jogging Ringan ke Masjid

Jogging merupakan salah satu jenis olahraga yang banyak melepas kalori. Sedikitnya 556 kkal terbuang setiap jam saat jogging. Namun saat puasa pastilah malas melakukan jogging. Kendati demikian, kamu bisa mencoba jogging sembari pergi ke masjid. Bahkan sekalipun dilakukan hanya 15 menit, kamu sudah melepas 139 kkal.

6. Shalat Tarawih

Berapa jam kamu biasa shalat tarawih? Pada umumnya, tarawih dilakukan selama 1 jam 15 menit. Selama waktu tersebut, gerakan shalat tarawih mampu melepas hingga 200 kkal.

7. Tadarus

Ternyata membaca al qur'an pun dapat menjadi aktivitas pelepas kalori. Saat Ramadhan, tadarus menjadi aktivitas rutin yang tak bosan dilakukan kapanpun dan di manapun. Nah, tiap jam bertadarus kalori yang dibuang sebanyak 91 kkal.
Itulah tujuh aktivitas ringan di bulan Ramadhan yang mampu melepas kalori berlebih pada tubuh. Jadi tak ada alasan lagi malas berolahraga saat puasa. Tak ada alasan lagi pula untuk berhenti diet. Justru saat puasa lah momen tepat untuk menyegarkan dan merampingkan tubuh. Ketika hari raya tiba, kamu pun akan tetap tampak langsing dan cantik.