Kenapa Bibir Kering dan Pecah-Pecah?

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah, salah satunya adalah sering menjilat bibir dengan lidah. Kenapa menjilat bibir dengan lidah bisa menyebabkan bibir kering? Nah ternyata air liur itu mengandung enzim yang bersifat asam yang dapat dengan mudah mengiritasi kulit bibir yang lembut sehingga mengakibatkan bibir kamu kering.
Bukannya melembapkan namun justru membuat bibir kering. Jadi mulai sekarang lebih baik hindari kebiasaan tersebut. Ketika kamu merasa bibir kering dan tidak nyaman sebaiknya minum air putih, karena bisa jadi itu disebabkan karena tubuh kekurangan cairan. Lalu bagaimana kalau kita sedang menjalankan ibadah? Berikut tips nya.

1. Banyak Minum Air Putih Ketika Berbuka dan Sahur

Sebagian besar tubuh kita terbentuk dari cairan sekitar 75%, rata-rata seseorang memerlukan 11 liter cairan tubuh untuk menutrisi sel dan yang lainnya. Kelebihan cairan akan diproses dan dikeluarkan menjadi air seni, sedangkan kekurangan cairan akan membuat kamu kehausan dan akhirnya dehidrasi. Dehidrasi sendiri memiliki banyak dampak untuk tubuh kamu seperti kepala terasa ringan, mual, muntah dan bibir kering.
Agar terhindar dari dehidrasi selama menjalankan ibadah puasa, kamu bisa minum air putih yang cukup ketika berbuka dan sahur. Minum air putih sesuai dengan yang dbutuhkan tubuh kamu dan ketika berbuka puasa sebaiknya hindari minum es.

2. Jangan Menjilati Bibir Dengan Lidah

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa air liur mengandung zat asam yang dapat dengan mudah membuat iritasi bibir sehingga menjadikan bibir kering dan pecah-pecah.
Untuk menjaga kelembapan bibir, sebaiknya gunakan lipbalm yang juga berfungsi untuk melindungi dan menutrisi bibir. Gunakan lipbalm yang cocok dengan bibir kamu dan ketahui fungsi dan kandungan yang terdapat di dalamnya sebelum membeli.

3. Hindari Zat yang Dapat Membuat Iritasi Bibir Kamu

Lipstick, rokok, dan bahkan sinar matahari langsung dapat memberikan dampak buruk bagi bibir. Rawat bibir menggunakan scrub bibir yang bisa kamu beli di toko. Namun sebaiknya kamu membuat scrub sendiri dengan bahan alami dan tentunya tidak mengandung zat berbahaya.
Scrub bibir yang banyak digunakan adalah campuran dari gula pasir dengan madu atau gula pasir dengan minyak zaitun. Campur dengan perbandingan yang sama kemudian bersihkan bibir kamu terlebih dahulu lalu oleskan ke bibir secara merata. Scrub ini berfungsi mengangkat kulit mati pada bibir. Jangan mengelupas dengan paksa karena akan menyebabkan bibir berdarah dan perih. Penggunaan scrub ini juga bagus untuk kamu yang menyukai lipstick matte agar bibir tidak kering. Jangan lupa untuk mengoleskan lipbalm 10-20 menit sebelum menggunakan lipstick matte .

4. Gunakan Produk Pasta Gigi stau Obat Kumur yang Aman

Pasta gigi dan obat kumur juga berpengaruh terhadap kesehatan bibir. Jika kamu merasa tidak nyaman dengan produk yang kamu gunakan saat ini kamu bisa mencoba mengganti produk, jangan lupa tanyakan terlebih dahulu zat yang terkandung dalam produk yang akan kamu gunakan, ya.
Jika bibir kering tak kunjung membaik meskipun telah diatasi dengan berbagai cara sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk menghindari adanya infeksi atau defisiensi nutrisi. Lebih baik menjaga daripada mengobati, rawat tubuh kamu dengan baik agar terhindar penyakit. Jangan lupa konsumsi buah dan sayur untuk memenuhi vitamin dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh.
Selamat menunaikan ibadah puasa untuk yang menjalankan.