1. Stroberi dan Jeruk

Stroberi dan jeruk tak hanya mampu melembapkan mulut, tetapi juga mengandung vitamin C dalam jumlah yang besar. Vitamin C sudah banyak dikenal sebagai anti-bacterial sehingga mencegah berkembangnya bakteri dan kuman yang menyebabkan bau mulut tidak sedap. Vitamin C juga kaya akan antioksidan yang membantu mengurangi racun di dalam tubuh yang dihasilkan oleh bakteri di dalam mulut.
source: https://www.flickr.com/photos/anindita_nst/2448639962
Selain kedua buah tersebut, kamu juga bisa mendapatkan asupan vitamin C dari lemon, kiwi, tomat, dan mangga. Konsumsilah beberapa potong buah saat berbuka puasa dan makan sahur agar nafas kita selalu terjaga kesegarannya sepanjang bulan Ramadhan.

2. Apel

Kamu dapat memilih apel sebagai alternatif camilan setelah shalat tarawih. Buah ini merupakan pilihan terbaik untuk melawan bau mulut tidak sedap. Seperti yang telah kita ketahui bahwa apel memiliki kandungan air yang cukup banyak, sehingga buah ini dapat memberikan kelembapan pada mulut untuk menghambat pertumbuhan bakteri.
source: http://www.laksani.com/macam-macam-buah-untuk-mendukung-diet-sehat-alami/
Proses menggigit dan mengunyah buah apel akan merangsang sekresi saliva, sehingga secara tidak langsung proses ini membersihkan mulut dan membilas bau tidak sedap di dalam mulut kita. Selain itu, tekstur buah apel dapat mengurangi plak pada gigi.

3. Wortel, Seledri, dan Brokoli

Tahukah kamu bahwa salah satu penyebab bau mulut tidak sedap adalah saluran pencernaan yang kurang bersih? Dengan mengonsumsi sayuran yang tinggi serat seperti wortel, seledri, dan brokoli akan membuat saluran pencernaan kita terjaga kebersihannya.
source: http://www.majamojokerto.com/headline/560/Brokoli-dan-wortel-cegah-kanker%E2%80%A6
Serat pada sayuran tersebut mampu membersihkan usus, sehingga mencegah bau mulut dan menjaga nafas tetap segar. Jangan lupa memasukkan berbagai macam sayuran dalam menu berbuka puasa atau sahur kamu.

4. Teh

Meminum teh merah maupun teh hijau tanpa gula dapat mencegah timbulnya bau mulut. Teh mengandung antioksidan polifenol yang dapat membantu menghentikan pertumbuhan bateri penyebab bau mulut. Jika kamu ingin terhindar dari bau mulut tidak sedap, maka setidaknya minumlah secangkir teh, terutama ketika berbuka puasa, karena secangkir teh panas akan segera mengembalikan energi setelah seharian berpuasa.
source: http://www.detikindonesia.com/kesehatan/tips-sehat/977/berbagai-macam-jenis-teh-dan-manfaatnya.html

5. Air Putih

Memanfaatkan air untuk membuat nafas kembali segar adalah hal yang paling mudah dilakukan. Kamu bisa berkumur atau langsung meminumnya. Bagi kamu yang sedang berpuasa, jangan sampai lupa untuk tetap memenuhi kebutuhan cairan tubuh sehari-hari agar terhindar dari dehidrasi karena kekurangan cairan tubuh dapat memicu bau mulut.
source: http://www.tampilcantik.com/hati-hatilah-kalau-kamu-memiliki-5-tanda-kekurangan-air-putih-ini/
Saat tubuh mengalami dehidrasi, pasokan air liur berkurang. Hal inilah yang membuat bau mulut muncul, karena air liur tidak hanya digunakan untuk membantu proses pencernaan, tetapi juga untuk membersihkan mulut.

6. Yogurt

Tak ada salahnya menyisipkan salah satu olahan susu ini dalam daftar menu harian saat berpuasa. Kamu bisa menjadikan yogurt sebagai makanan selingan di antara waktu berbuka dan sahur, atau mungkin memasukkannya sebagai bahan masakan kita. Menurut beberapa penelitian yogurt mampu mengatasi masalah bau mulut.
source: http://www.seputarinfo.net/mengenal-si-susu-fermentasi-yoghurt/
Yogurt dapat mengurangi senyawa berbau busuk yang menyebabkan bau mulut tidak sedap. Tidak hanya itu, mengonsumsi yogurt juga dapat mengurangi plak berlebih pada gigi dan penyakit gusi. Namun demikian hendaknya pemilihan yogurt perlu diperhatikan, sebaiknya kamu memilih plain yogurt atau tanpa gula.