1. Mengonsumsi Air Putih

Walaupun sedang berpuasa jangan sampai tubuh kekurangan cairan. Kurangnya konsumsi air putih dapat menyebabkan kulit lebih cepat kering, terutama bibir. Minumlah 2 gelas air putih saat sahur, 2 gelas air putih saat berbuka, dan 4 gelas air putih saat malam.

2. Lip Scrub

Rajin menggunakan lip scrub untuk mengikis sel kulit mati pada bibir adalah salah satu cara agar bibir tetap terlihat merona. Gunakan lip scrub setiap hari sebelum menggunakan produk bibir lain. Kamu dapat membuat lip scrub sendiri di rumah dengan mencampurkan madu atau coconut oil dengan gula pasir, kemudian gosok secara lembut pada bibir selama 2-3menit. Jika tidak mau repot-repot membuatnya kamu dapat membeli lip scrub yang sudah jadi, salah satunya adalah lip scrub dari Emina Cosmetic yaitu Sugar Rush Lip Scrub. Kandungan shea butter, olive oil, dan jojoba oilnya menjaga kelembapan bibir.

3. Lip Mask

Lip mask berfungsi untuk menutrisi, melembutkan dan menjaga bibir agar tetap lembap. Gunakan Etude House Cherry Lip Gel Patch yang mengandung ekstrak cherry, tempelkan lip patch pada area bibir dan diamkan selama 10-15 menit. Kamu juga dapat menggunakan madu atau aloe gel sebagai masker bibir. Caranya oleskan madu atau aloe gel pada bibir dan biarkan saat tidur. Ketika bangun keesokan harinya bibir akan terasa lebih lembut dan merona.

4. Lip Balm

Selama puasa rajin-rajinlah memakai lip balm agar terhindar dari bibir pecah-pecah. Untuk siang hari gunakan lip balm yang mengandung SPF untuk mencegah bibir terkena bahaya sinar UVA dan UVB. Gunakan sebelum keluar rumah dan ulangi pemakaian apabila bibir terasa kering. Pada malam hari jangan lupa mengaplikasikan lip balm sebelum tidur, pilih lib balm yang mengandung vitamin.

5. Kurangi Penggunaan Lipstick Matte

Walau sekarang lipstick dengan matte finish sedang menjadi trend, coba untuk mengurangi penggunaannya saat sedang berpuasa. Lipstick matte memiliki dampak yang kurang baik bagi kulit bibir. Penggunaan lipstik matte dalam jangka waktu yang lama dapat membuat kulit bibir menjadi cepat kering dan pecah-pecah. Kandungan pigmentasi yang terdapat di dalam lipstik matte cukup tinggi, menyebabkan bibir yang sudah kering terlihat semakin retak dan pecah-pecah. Jika masih ingin menggunakan lipstick matte cari lipstick yang memiliki kandungan untuk merawat dan menjaga kelembapan bibir seperti jojoba oil dan vitamin E.