1. Base Makeup yang Photo-Ready

Di hari pernikahan, kamu akan sering difoto untuk mengabadikan momen indah ini. Oleh karena itu hindari penggunaan foundation maupun BB cream yang mengandung SPF tinggi karena dapat menciptakan efek backlight saat difoto dengan blitz. Tentu kamu tidak ingin foto pernikahanmu terlihat tidak sempurna, kan? Maksimal SPF 15 saja atau pilih yang tidak mengandung SPF sama sekali untuk hasil terbaik. Pilih juga jenis foundation yang cocok dengan jenis kulit dan cukup melembabkan agar teksturnya tidak berubah cakey. Jangan lupa gunakan primer sebelumnya untuk hasil wajah mulus dan makeup tahan lebih lama.
source: http://www.sephora.com.au/products/make-up-for-ever-ultra-hd-foundation

2. Gunakan Concealer Full Coverage

Di hari pernikahan, kamu harus tampil sesempurna mungkin dan tak boleh ada bekas jerawat maupun flek hitam yang terlihat sedikitpun. Oleh karena itu gunakan concealer full coverage dan usapkan beberapa layer hingga kamu mendapatkan kulit wajah yang tampak mulus. Jangan lupa, usapkan concealer di bawah mata untuk menutupi lingkaran hitam, sudut-sudut hidung, dan sekitar bibir.
source: http://www.makeupforever.com/us/en-us/make-up/face/concealer/full-cover

3. Eye Makeup yang Waterproof

Sebelum mengusapkan eyeshadow, selalu gunakan eye primer agar hasil eyeshadow terlihat lebih pigmented dan tidak mudah luntur. Hari pernikahan merupakan momen bahagia yang membuatmu dan keluarga terharu, jadi tidak jarang pengantin pun ikut menangis. Oleh karena itu, selalu pilih eyeliner dan mascara yang waterproof agar tidak luntur terkena keringat maupun air mata.
source: http://eyemakeupdesign.com/bridal-eye-makeup-2014/

4. Buat Mata Terlihat Lebih Besar & Cerah

Ada kalanya kamu tak bisa tidur menjelang hari pernikahan sehingga mata terlihat memerah dan sembap. Agar mata merahmu tak menarik perhatian, gunakan nude pencil eyeliner pada bagian dalam garis mata bawah untuk menyamarkan kemerahan. Trik ini juga dapat membuat matamu terlihat lebih besar dan cerah. Jangan lupa usapkan pula highlight pada sudut mata bagian dalam agar mata tampak lebih menarik.
source: http://www.borntobeabride.com/tag/natural-wedding-makeup/page/4/

5. Tambahkan Highlight untuk Kesan Glamour

Apakah kamu terbiasa dengan wajah matte untuk makeup sehari-hari? Kalau begitu saatnya kamu tampil berbeda di hari pernikahan dengan tambahan highlight agar terlihat lebih glamour. Usapkan highlight di atas tulang pipi, di atas alis, sepanjang tulang hidung, dan sedikit pada dahi untuk menambah kesan glamour yang berbeda. Bubuhkan secukupnya saja agar wajah terlihat glowy. Terlalu banyak mengusapkan highlight bisa memberi kesan wajahmu terlihat berminyak.
source: http://www.borntobeabride.com/tag/natural-wedding-makeup/page/4/

6. Layer Lipstick agar Tahan Lama

Saat resepsi, pengantin umumnya tak sempat touch up dan harus stay di panggung untuk waktu yang lama. Agar lipstik tak mudah luntur dan tetap tahan lama sepanjang resepsi, gunakan lip liner lebih dulu. Kemudian usapkan lipstik sebanyak 3 layer setelahnya. Jangan lupa untuk mengapit tissue di antara kedua bibir setiap selesai mengoleskan layer untuk menyerap minyak berlebih pada lipstik. Dengan begini, warna lipstik juga dapat tahan lebih lama.
source: http://kirejo.com/springmakeup/
Kamu juga dapat mengikuti tutorial berikut ini untuk tips dan trik bridal makeup dari Jen From Head To Toe!