Golongan Darah A


Golongan darah A adalah jenis yang sangat cocok menjadi seorang vegetarian. Golongan darah ini lebih cocok mengonsumsi buah dan sayur daripada daging, susu, dan karbohidrat karena tidak memiliki cukup asam lambung untuk mencerna daging.
source: https://twitter.com/blood_a_type
Jika orang yang bergolongan darah A melakukan olahraga yang intens atau terlalu keras akan memicu lebih banyak stres pada otot. "Karena itu otot akan mengeras dan terbentuk lebih banyak asam laktat," kata Khader. Hal tersebut bisa meningkatkan kadar kortisol sehingga tubuh menjadi cepat lelah dan terkadang berat badan cepat naik.
source: http://health.kompas.com/read/2013/03/20/09374064/Memilih.Olahraga.Sesuai.Golongan.Darah
source: http://www.golf-alpin.at/en/golf-alpin-card/?contentId_=29
Golongan darah A disarankan untuk melakukan olahraga ringan dan santai seperti yoga, taichi, golf, atau berjalan kaki untuk menjaga kondisi tubuh dan mengurangi stres. Golongan darah ini rentan terhadap penyakit kanker dan jantung, sehingga perlu diperhatikan asupan makanan yang dapat mencegah kedua penyakit tersebut.

Golongan Darah B


Golongan darah B sebaiknya menghindari daging ayam dan biji-bijian, namun disarankan untuk mengonsumsi banyak daging merah dan susu. Golongan darah ini memiliki sistem imun paling tinggi diantara golongan darah lainnya.
source: https://twitter.com/blood_b_type
Olahraga yang cocok dengan golongan darah ini adalah yang seimbang. Ini berarti mereka disarankan melakukan sedikit olahraga yang melibatkan olah napas serta penurunan stres seperti yoga, futsal, tennis, basket, volley ball, bersepeda,mendaki gunung, bulu tangkis dan berenang tetapi juga perlu melakukan latihan kardio dan angkat beban.
source: http://www.agarilus.com/tips-kesehatan/golongan-darah-b
source: http://adventuretofitness.com/node/11982
Golongan darah B disarankan untuk melakukan olahraga seperti menari, berenang, dan berjalan kaki. Walaupun orang dengan golongan darah B biasanya memiliki sistem imun yang paling kuat diantara golongan darah lain, bukan berarti kamu boleh makan apa saja, ya. Tetap perhatikan makanan apa saja yang sebaiknya kamu hindari.

Golongan Darah AB


Tipe golongan darah yang satu ini terbilang unik dan langka karena jumlahnya yang sedikit. Golongan darah AB dapat menyesuaikan dengan berbagai macam makanan yang dapat dikonsumsi oleh golongan darah A dan B sehingga tidak banyak makanan yang harus dihindari.
source: https://twitter.com/blood_ab_type
Sementara untuk olahraga, sebaiknya melakukan olahraga yang ringan seperti jogging ringan, yoga, dan olahraga-olahraga relaksasi lainnya, dengan intensitas yang teratur.
source: https://blog.tokopedia.com/2014/04/tips-diet-sehat-berdasarkan-golongan-darah/
source: http://www.huffingtonpost.com/2014/02/12/yoga-health-benefits_n_4768746.html
Sementara untuk golongan darah AB, disarankan untuk melakukan olahraga ringan seperti golongan darah A yaitu yoga, pillates, dan jogging ringan dalam intensitas yang sering untuk menghindari penyakit sendi dan radang tulang yang perlu diwaspadai oleh orang dengan golongan darah AB.

Golongan Darah O


Golongan darah yang paling banyak jumlahnya ini disarankan untuk cenderung mengonsumsi daging sapi, ayam, dan sejenisnya karena memiliki produksi asam lambung yang cukup tinggi untuk mencernanya. Namun sebaiknya hindari produk susu seperti keju dan sayuran yang mengandung banyak lektin.
source: https://twitter.com/blood_o_type
Olahraga yang cocok untuk diet golongan darah O adalah latihan kardio: jogging, bersepeda, berenang, atau jalan cepat. Latihan di pagi hari lebih baik daripada malam hari.
source: http://www.peterparkerblog.com/179/diet-golongan-darah/
source: http://www.beatthewinterblues.info/beat-the-winter-blues-by-exercising-them-away/
Sedangkan untuk golongan darah O, disarankan untuk melakukan olahraga kardio yaitu olahraga yang menuntut kerja jantung seperti jogging, bersepeda, dan berenang. Bagi golongan darah ini, olahraga bisa menjadi sarana untuk menghilangkan stress dan membangkitkan mood.
Semoga informasi di atas bermanfaat dan selamat berolahraga!