1. Minum Segelas Minuman Hangat

Sebelum beranjak ke tempat tidur, minumlah segelas minuman hangat seperti susu atau cokelat. Minuman hangat ini dapat membantu merelaksasikan sel-sel saraf setelah tegang karena bekerja seharian.
source: https://www.thehealthychef.com/

2. Kurangi Stres di Siang Hari

Hal ini mungkin agak sulit untuk dilakukan, tapi usahakanlah untuk tidak terlalu stres selama beraktivitas pada siang hari. Pekerjaan dan masalah lainnya bisa membuatmu memiliki banyak pikiran. Aturlah emosi agar dapat berpikir dengan lebih jernih. Coba ikuti yoga atau meditasi yang dapat membantumu mengontrol tingkat stres.

3. Buat Suasana Kamar Menjadi Nyaman

Kamar tidur yang rapi dan bersih tentunya akan membuat suasana terasa lebih nyaman. Karena itu, jangan malas untuk merapikan kamar. Bersihkanlah kamar secara teratur agar tidak ada debu yang menumpuk. Atur pula suhu kamar sesuai dengan tingkat kenyamanan yang kamu inginkan untuk membantumu lebih cepat tertidur.
source: http://favim.com/

4. Kurangi Konsumsi Kopi

Kopi pada dasarnya memberikan asupan energi lebih dari kafein yang membuat kita sulit mengantuk. Kurangilah konsumsi kopi di sore hari menjelang malam. Untuk mengganti keberadaan kopi, kamu dapat mencoba teh camomile atau oolong yang dapat memberikan efek relaksasi.
source: http://coffee-tumbler.tumblr.com/

5. Penuhi Asupan Protein dengan Seimbang

Protein adalah nutrisi yang penting untuk menjaga kesehatan tubuh, asupan protein yang seimbang dapat mengurangi tingkat stres dan memperbaiki kualitas tidur.

6. Hindari Konsumsi Makanan Larut Malam

Jangan isi perut terlalu banyak saat akan tidur. Berikan waktu pada tubuh untuk mencerna makanan setidaknya 2 - 3 jam sebelum tidur. Selain dapat menggemukkan badan, makan secara berlebihan sebelum tidur dapat menyebabkan gangguan pada pencernaan.

7. Jauhkan Diri dari Gadget

Sekarang ini, sulit sekali untuk menjauhkan diri dari pengaruh gadget. Pasti kamu juga sering bermain gadget dulu sebelum tidur, bukan? Lebih baik mulai sekarang, lepaskan diri dari ponsel atau tablet dan social media 1 jam sebelum tidur. Dengan begitu mata dan otak dapat lebih rileks dan membantumu untuk mendapatkan tidur yang lebih berkualitas.