1. Coba Konsumsi Menu Ini Saat Sahur

Bagi Beautynesian yang memiliki keluhan bau mulut saat berpuasa, kamu bisa mencoba memasukkan buah-buahan, keju, yoghurt, dan daun kemangi sebagai daftar menu wajib untuk sahur. Buah yang bisa kamu konsumsi untuk santap sahur diantaranya buah stroberi, buah apel, dan buah pir. Buah stroberi kaya akan vitamin C yang dapat membunuh kuman dan bakteri penyebab bau mulut. Buah apel dan buah pir juga bisa membantu mengatasi masalah bau mulut karena keduanya dapat meningkatkan produksi saliva sehingga membuat mulut tidak kering. Ketiga buah tersebut bisa kamu olah menjadi jus buah atau kamu konsumsi secara langsung.
source: http://well.blogs.nytimes.com/2011/03/17/apple-or-pear-maybe-body-shape-doesnt-matter/?_r=0
Menu lainnya adalah keju. Keju bisa diolah atau sekadar dikonsumsi dengan roti. Keju bisa menjadi menu yang cocok untuk sahur karena mengandung kalsium dan fosfat. Kedua zat tersebut berguna untuk meningkatkan produksi saliva di mulut sehingga membuat mulut menjadi tidak kering dan mencegah timbulnya bau mulut.
source: http://www.irishexaminer.com/examviral/real-life/someone-has-possibly-made-and-tasted-the-first-ever-vagina-yoghurt-311994.html
Yoghurt juga bisa menjadi pilihan lain bagi kamu yang tidak suka mengonsumsi keju. Mengonsumsi yoghurt sekitar 170 gram dapat membantu mencegah bau mulut saat puasa karena yoghurt memiliki zat yang dapat membantu menurunkan kadar hidrogen sulfida yang menyebabkan mulut menjadi bau. Sebaiknya, Beautynesian mengonsumsi yoghurt yang tidak mengandung gula. Bagi kamu yang tidak suka buah, keju, ataupun yoghurt tidak perlu khawatir karena kamu bisa mencoba menambahkan daun kemangi dalam masakan kamu atau menjadikannya sebagai lalapan santap sahur kamu.

2. Hindari Menu Pemicu Bau Mulut

Bagi kamu yang suka makan jengkol dan petai, sebaiknya untuk sementara waktu tidak mengonsumsinya terlebih dahulu sebab kedua makanan ini dapat menimbulkan bau tak sedap di mulut. Selain itu, kamu juga harus menghindari masakan yang menggunakan bawang seperti bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay. Ketiga bahan tersebut dapat membuat aroma mulut kamu jadi tidak sedap. Terakhir, bagi para kamu yang suka merokok dan minum kopi, sebaiknya juga puasa merokok dan minum kopi selama satu bulan penuh agar aroma mulut juga tetap terjaga. Sebaiknya, kamu mengganti kopi dengan air putih. Minum air putih sebanyak-banyaknya jauh lebih baik karena dapat membantu mengurangi dehidrasi pada tubuh sehingga bisa mencegah timbulnya aroma tak sedap pada mulut.
source: http://www.bbc.co.uk/food/garlic
Demikian ulasan tentang menu sahur yang wajib dikonsumsi dan wajib dihindari agar kesegaran mulut tetap terjaga dan tidak ada keluhan bau mulut saat puasa. Jadi kamu bisa tetap berpuasa dan tetap menjalankan aktivitas dengan percaya diri tanpa khawatir bau mulut akan mengganggu lawan bicara.