1. Oslo, Norwegia


Sebagai kota yang kaya akan minyak, Oslo bisa dikatakan sebagai kota termahal dibandingkan kota-kota lainnya di Skandinavia dan bersiaplah untuk membayar biaya hidup 20% lebih mahal dibandingkan daerah Eropa Barat lainnya.
source: http://www.telegraph.co.uk/travel/journeysbyrail/9086552/Norway-Oslo-to-Bergen-by-train.html
Tips: Pilih untuk menginap di hostel dan kunjungi tempat wisata gratis seperti Vigeland Sculpture Park, Oslo City Museum, Holocaust Center dan Akershus Fortress. Gunakan transportasi umum dan hindari makan di dekat tempat wisata terkenal.

2. Zurich, Swiss


Pemandangan alam yang indah dan udara pegunungan Alpen yang segar telah menarik banyak turis sepanjang tahunnya, dengan biaya yang tidak sedikit. Harga hotel bintang 4 rata-rata berkisar $300 per malam dan taksi seharga $40 untuk perjalanan di kota.
source: http://beauty-places.com/zurich/
Tips: Kalau kamu datang antara bulan Mei-Oktober kamu bisa bersepeda di Zurich gratis dengan mengikuti program "Zurich on Wheels" sehingga tidak perlu naik taksi yang mahal biayanya.

3. Stockholm, Swedia


Dikelilingi oleh laut yang cantik, dipenuhi oleh arsitektur yang indah dan nuansa kota yang nyaman. Swedia memiliki mata uang sendiri dan tidak menggunakan Euro seperti negara Skandinavia lainnya, yang berarti lebih mahal.
source: http://www.telegraph.co.uk/travel/citybreaks/8136671/Stockholm-Sweden-a-cultural-guide.html
Tips: Ikuti free walking tour untuk menikmati bangunan bersejarah di dalam kota, dan hindari makan di daerah Drottinggatan atau Gamla Stan karena makanan di sana sangat mahal. Kunjungi taman kota dan museum yang bagus tapi gratis seperti Modern Museum.

4. New York City, Amerika Serikat


Harga hotel kelas menengah berkisar $340 per malam dan kalau kamu tidak hati-hati dengan makanan yang kamu pilih, kamu bisa membayar ratusan dolar untuk sepiring steak. Maklum, ini adalah kota termahal di kawasan Amerika Utara.
source: http://www.hopper.com/articles/298/the-ten-most-expensive-travel-destinations-in-the-world
Tips: Kalau biaya makan dan akomodasi tidak bisa dihindari lagi, kamu harus mengimbangi budgetmu dengan mengunjungi aktivitas gratis di dalam kota seperti Bronx Zoo, The Museum of American Illustration dan New York Botanical Garden.

5. Paris - Perancis


Kota paling romantis sedunia tapi termasuk kota paling mahal sedunia. Kalau kamu ingin tinggal di hotel yang cukup baik, bersiaplah untuk merogoh kocek $360 per malam. Kalau kamu ke sini dengan pasanganmu, kalian bisa menghabiskan $550/hari.
source: http://www.shoretrips.com/excursions/region-bal-par/europe-northern-baltic-uk/paris-france
Tips: Kamu bisa membeli tiket hop-on hop-off bus untuk menikmati pemandangan kota dengan biaya yang tidak mahal. Beberapa bangunan indah di Paris seperti Notre Dame Cathedral dan Sacre Coeur juga bisa dikunjungi secara gratis.

6. Sydney, Australia


Kota yang mahal di negara yang mahal. Perhitungkan budgetmu secara seksama sebelum ke sini karena harga dolar terus menguat dan harga tiket pesawat ke sana juga tidak murah walaupun masih negara tetangga. Sekali makan siang di tengah kota bisa mencapai $16 dan paket combo di restoran fast food paling murah seharga $9.
source: http://www.hotelroomsearch.net/top-destinations/sydney-australia
Tips: Kelilingi kota Sydney sambil jalan kaki di sekitar Harbour Bridge sambil piknik di Botanical Garden. Kunjungi juga Art Gallery of NSW dan Museum of Contemporary Art secara gratis. Untuk opsi makanan yang lebih murah, cobalah makan makanan Asia di Chinatown.

7. London, Inggris


London memiliki banyak museum yang indah, theater yang cantik dan banyak restauran terbaik di dunia. Harga hotel berbintang 3 di sini berkisar $200/malam dan harga tiket kereta 70% lebih mahal dibandingkan kota-kota di Eropa Barat lainnya. Perhatikan baik-baik harga barang di sini karena 1 Poundsterling sudah mencapai Rp 20.000.
source: http://wallpaperswiki.org/big-ben-london-uk/
Tips: Ikuti juga walking tour yang tidak terlalu mahal dan aktivitas gratis lainnya di London seperti ke Natural History Museum dan British Museum. Kalau kamu ingin belanja barang fashion gaya London, kamu bisa pergi ke Oxford Street untuk butik-butik dengan harga bersaing.

8. Singapura


Harga hotel rata-rata di Singapura berkisar $260 per malam. Terbatasnya lahan dan tingginya permintaan tempat tinggal di Singapura menjadi harga tempat tinggal meningkat setiap tahunnya yang dapat mempengaruhi biaya liburan di sini.
source: http://dynamictravels.in/shop/family/singapore-4-nights-5-days-2-nts-singapore-2-nts-sentosa/
Tips: Menginaplah di hostel atau bed & breakfast untuk opsi akomodasi yang lebih murah. Cobalah makan di foodcourt yang terletak di lantai bawah pusat perbelanjaan dan hindari restoran untuk harga makanan yang lebih murah.

9. Monte Carlo, Monaco


Harga hotel rata-rata di Monaco sekitar $308 per malam dan kegiatan wisata di sini juga tidak murah. Bermain golf di sini bisa mencapai $176 dalam sehari, menghabiskan waktu seharian di spa sekitar $130 dan berjemur di pantai bisa mencapai $100 kalau kamu memilih tempat duduk prbadi.
source: http://www.acsunce.ba/ba/component/content/?view=featured&start=5
Tips: Opsi yang lebih murah adalah menghabiskan waktu di Monte Carlo tapi tidur di Nice, kota yang berjarak 20 menit dengan kereta api. Dibandingkan tidur di Monte Carlo, kamu bisa menghemat beberapa ratus dolar dalam semalam.

10. Tokyo, Jepang


Dengan biaya hidup yang harganya 50% lebih tinggi dibandingkan kota-kota Asia lainnya, liburan ke Tokyo juga bisa menguras isi dompetmu tanpa menyisakan uang untuk oleh-oleh. Harga makanan dan barang-barang belanjaan di sini hampir sama mahalnya dengan di New York City.
source: http://gallivantguide.com/visiting-tokyo-japan/186/
Tips: Kalau kamu ingin makan enak tapi murah, coba pergi ke warung makan sambil berdiri yang harganya lebih murah dibandingkan restoran. Untuk pengalaman menarik, kamu juga bisa tinggal di hotel kapsul yang harganya jauh lebih murah dibandingkan hotel.