1. Overpacking

Karena berpikir semua benda diperlukan, koper kamu jadi penuh akan benda-benda yang tidak terlalu penting untuk dibawa. Psst, liburan bukan berarti memindahkan semua isi lemari ke dalam koper ya, Minasan!
source: https://blog.tokopedia.com/2015/01/7-kesalahan-yang-paling-sering-dilakukan-traveler-saat-liburan/
Selain berat, overpacking juga berakibat pada membengkaknya biaya bagasi yang harus kamu bayarkan. Belum lagi jika kopermu tidak bisa tertutup dengan rapat sehingga mengakibatkan barang bawaan kamu tercecer kemana-mana.
source: http://www.dailymail.co.uk/tvshowbiz/article-2229685/Mollie-King-asked-packed-suitcase-The-Saturdays-jet-London.html

2. Menginap di Hotel yang Terlalu Jauh dari Obyek Wisata

Hotel yang agak jauh dari tempat wisata memang harganya jauh lebih murah dibandingkan yang dekat dengan tempat wisata. Tapi ingat, kamu juga harus memperhitungkan kebutuhan dan kemampuanmu ya. Jika ingin hemat waktu dan transport, sebaiknya kamu mencari hotel yang dekat tempat wisata dan akses kendaraan umum yang terjangkau.
source: http://gambar-gambar-lucu.blogspot.com/2012/11/mau-menginap-di-hotel-terburuk-sedunia.html

3. Lupa Membawa Barang-Barang Penting

Perjalanan yang nyaman bisa dimulai dari barang-barang yang dibawa. Jangan sampai kamu membawa barang-barang yang ternyata tidak dipakai dan melupakan barang-barang yang ternyata sangat penting, misalnya saja paspor, atau dokumen reservasi hotel.
source: http://manual.pointer.co.id/2014/04/cara-reservasi-hotel.html
Seringkali kita meremehkan barang-barang yang kelihatannya sepele namun sangat berguna saat perjalanan. Agar tidak lupa, sebaiknya kamu membuat daftar barang yang harus kamu bawa ya. Periksa kembali daftar tersebut saat kamu hendak meninggalkan rumah atau meninggalkan hotel.
source: http://tiketpesawatklaten.blogspot.com/2013/08/benda-benda-penting-saat-traveling.html

4. Terlalu Banyak Berfoto dan Update Sosmed

Tujuan traveling adalah untuk menikmati susana baru dan segar, terlalu banyak menghabiskan waktu dengan internet dan sosial media dapat merusak perjalanan kamu, jadi jangan sia-siakan waktu mu di dunia maya.
source: http://m.dreamersradio.com/lifestyle/article/27622/ini-dia-5-kesalahan-besar-saat-akan-melakukan-traveling
Sah-sah saja kok selfie dimana-mana. Tapi ingat, jangan sampai perjalanan yang kamu rancang hanya habis untuk selfie.
source: http://www.newmediafest.net/dampak-gadget-yang-semakin-canggih/
Berfoto dan mengunggah foto kita saat sedang traveling memang menyenangkan. Tapi, jangan sampai waktumu update status mengganggu waktu traveling ya.
source: http://www.newmediafest.net/dampak-gadget-yang-semakin-canggih/

5. Mendatangi Banyak Tempat Dalam Satu Hari

Mungkin kamu mencoba untuk memadatkan jadwal kegiatan dalam satu hari karena enggak punya waktu yang cukup panjang untuk berlibur. Tapi hal tersebut justru kurang bisa membuat kamu menikmati liburan dan keindahan tempat wisata yang kamu datangi.
source: https://blog.tokopedia.com/2015/01/7-kesalahan-yang-paling-sering-dilakukan-traveler-saat-liburan/
source: http://www.travelalltogether.com/arrange-cheap-traveling-4-decision-2/

6. Terlalu Sibuk Berbelanja

Tidak bisa menolak hasrat belanja saat liburan? Berbelanja saat jalan-jalan memang hal yang menyenangkan. Namun, perhatikan juga batasan budget, bagasi, dan waktu ya Minasan!
source: http://tastythailand.com/important-safety-tips-for-women-traveling-alone-in-thailand/

7. Terlalu Berpatokan pada Buku Panduan

Buku panduan bisa jadi memudahkan kamu saat ingin melakukan perjalanan. Dari buku panduan kamu akan mudah menemukan beraneka ragam informasi mengenai tempat - tempat seru, mulai dari restoran, hotel, tempat wisata, dan lain-lain. Sayangnya, buku panduan kadang hanya berisi informasi lama. Akan lebih baik jika kamu memanfaatkan penduduk sekitar sebagai tempat acuan, Dengan bertanya, perjalanan kamu dijamin lebih efektif dan menyenangkan.
source: http://qushai-fkm13.web.unair.ac.id/artikel_detail-91690-Tips-5%20kesalahan%20besar%20saat%20akan%20melakukan%20travelling.html
source: https://blog.tokopedia.com/2015/01/7-kesalahan-yang-paling-sering-dilakukan-traveler-saat-liburan/