1. Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit Normal

Lidah buaya dapat digunakan pada kulit normal tanpa perlu khawatir adanya efek samping. Gunakan lidah buaya sesering mungkin untuk menjaga kesehatan kulit. Lidah buaya bermanfaat untuk membuat kulit normal menjadi lebih halus dan kenyal. Caranya mudah, gunakan lidah buaya yang masih segar, kuliti daging buahnya dan langsung aplikasikan ke wajah setelah dicuci bersih. Cara lain yang dapat dilakukan yaitu mengekstrak gel lidah buaya dengan memotong daging buah menjadi potongan kecil, lalu peras dengan menggunakan kain tipis yang bersih. Gunakan gel tersebut sebagai masker wajah setelah mencuci muka, diamkan selama kurang lebih 10 menit lalu basuh dengan air sampai bersih.

2. Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit Kering

Kulit kering seringkali kekurangan kelembaban dan mudah menjadi kusam. Lidah buaya membantu mengatasinya kulit kering karena kandungan dalam gelnya menghilangkan sel kulit mati dan mempercepat proses penyembuhan. Apabila kulit wajah super kering, lidah buaya dapat digunakan setiap hari, bahan alaminya tidak akan menimbulkan efek samping meskipun digunakan dengan sering. Minyak zaitun dapat ditambahkan dalam campuran gel lidah buaya sebagai masker untuk kulit kering, diamkan campuran masker pada wajah minimal 20 menit dan cuci dengan air dingin untuk membantu mengunci kelembaban kulit wajah.

3. Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit Berminyak

Jenis kulit berminyak cenderung lebih mudah berjerawat. Kandungan lidah buaya dapat menjauhkan jerawat apabila digunakan secara teratur. Kandungan lidah buaya menenangkan kulit yang berjerawat dan berfungsi untuk melawan peradangan kulit dan infeksi sembari membantu kulit untuk sembuh dengan cepat. Gunakan masker lidah buaya sesering mungkin untuk membantu jerawat hilang dengan cepat. Madu dapat dicampurkan ke dalam masker untuk kulit berminyak dan berjerawat karena madu memiliki kandungan anti peradangan. Aplikasikan campuran masker di wajah selama kurang lebih 20 menit dan cuci bersih menggunakan air dingin.

4. Manfaat Lidah Buaya untuk Kulit Sensitif

Lidah buaya memiliki kandungan yang ringan untuk kulit sensitif. Pakar dermatologis bahkan menyarankan penggunaan lidah buaya untuk jenis kulit ini. Masker lidah buaya tidak menimbulkan iritasi namun membersihkan kulit dari debu dan kotoran yang mengendap. Selain itu lidah buaya juga membantu mengatasi kemerahan pada kulit sensitif. Campurkan gel lidah buaya dengan sari dari timun, aplikasikan pada wajah selama kurang lebih 20 menit dan bilas dengan air dingin sampai bersih.