Konsultasi Ke Dokter Kandungan

Sebelum berangkat mudik ada baiknya ibu hamil berkonsultasi dan melakukan pengecekan kesehatan ke dokter kandungan. Agar ibu hamil tahu betul bagaimana kondisinya, apakah memungkinkan untuk melakukan perjalanan mudik atau tidak.
source: http://abiummi.com/5-kiat-sehat-menjalankan-ibadah-puasa-saat-hamil-muda/konsultasi-dengan-dokter-kandungan-sebelum-memutuskan-menjalankan-puasa-saat-hamil-muda/

Jangan Lupa Vitamin & Suplemen

Jangan lupa untuk meminta vitamin dan suplemen dalam jumlah lebih banyak pada dokter. Dikhawatirkan vitamin dan suplemen akan susah dicari saat di kampung halaman, jadi ibu akan tenang. Vitamin dan suplemen tetap terpenuhi meski sedang mudik. Jangan lupa juga untuk mengonsumsi vitamin dan suplemen tersebut sebelum berangkat mudik, hal tersebut bertujuan untuk menguatkan kondisi tubuh dan janin.
source: http://balitapedia.com/waspada-bahaya-overdosis-multivitamin-pada-ibu-hamil/2895

Baju yang Nyaman

Saat mudik, ibu hamil disarankan memakai baju yang bahannya mampu menyerap keringat. Selain itu, gunakan alas kaki dengan hak yang rata.
source: https://blog.tokopedia.com/2015/01/tips-memilih-baju-hamil-yang-nyaman-dan-tetap-modis/

Berangkat Lebih Awal

Berangkat lebih pagi saat mudik akan menghindarkan perjalanan dari kemacetan. Hal tersebut dilakukan agar perjalanan yang ditempuh akan terasa lebih cepat, jadi ibu hamil tidak akan kelelahan saat diperjalanan.
source: http://id.wikihow.com/Tidur-Lebih-Awal

Air Putih

Jangan sampai ibu hamil mengalami dehidrasi saat diperjalanan mudik. Hal ini agar kondisi badan dan janin dalam kandungan tetap terjaga.
source: http://mencegahpenyakit.com/jenis-minuman-sehat-untuk-ibu-hamil/

Pilih Kendaraan Saat Mudik

Untuk ibu hamil yang ingin melakukan perjalanan mudik, lebih baik jangan menggunakan motor. Karena guncangan yang ditimbulkan saat berada di atas motor dapat membahayakan kandungan.
source: http://www.mazupin.com/2016/01/bolehkah-ibu-hamil-muda-naik-motor.html

Perhatikan Usia Kehamilan

Untuk ibu hamil dengan usia kehamilan yang sudah memasuki trisemester ketiga sebaiknya tidak melakukan perjalanan mudik yang terlalu jauh. Karena dikhawatirkan ibu hamil akan mengalami kelelahan dan itu tidak baik untuk kandungan.
source: http://health.liputan6.com/read/817571/ibu-hamil-di-trimester-tiga-tak-boleh-lakukan-10-hal-ini
Mudik dan berkumpul bersama keluarga memang merupakan momen yang paling dirindukan, namun menjaga buah hati tentu paling diutamakan.