4 Langkah Mudah Jadikan Warna Lipstik Lebih Awet di Bibir

Semakin mahal harga lipstik maka semakin tahan lama pula warna yang tertinggal pada bibir. Hal tersebut merupakan salah satu mitos yang masih banyak dipercaya. Faktanya, apapun merk lipstik dan berapa pun harga yang dijual di pasaran, tidak menjamin warna lipstik tersebut menjadi tahan lama di bibir. Menggunakan lipstik waterproof sekalipun, jika tidak memperhatikan langkah mudah untuk membuatnya tetap awet, warnanya tetap akan memudar. Terlebih saat kita mengonsumsi beberapa makanan dan membasahi bibir dengan minuman.
source: https://pixabay.com
Nah, sebentar lagi adalah momen yang paling banyak ditunggu bagi umat muslim sedunia yang merayakan lebaran. Pastinya banyak makanan dan minuman yang menggoda untuk dikudap. Bagaimana agar kita tidak perlu was-was saat mengonsumsinya? Berikut beberapa langkah mudah menjaga warna lipstik agar tetap awet di bibir saat lebaran:

1. Lakukan Exfoliating

Agar lipstik dapat menempel sempurna pada bibir, kita harus memastikan bahwa tidak ada sel-sel kulit mati yang menumpuk di permukaan bibir. Hal tersebut sangatlah penting karena sel-sel kulit mati yang bercampur lipstik akan menjadikan bibir mengelupas dan lipstik tidak merata. Lakukan exfoliating ringan dengan menggosokkan butiran gula pada permukaan bibir. Bisa juga membasahi bibir dan menggosoknya secara lembut menggunakan jari telunjuk agar sel-sel kulit mati dapat terangkat. Rasakan permukaan bibir yang lebih lembut dan halus dari sebelumnya.
source: https://www.beauty321.com/

2. Oleskan Lip Balm

Beberapa produk lipstik memang telah mengandung pelembab yang sekaligus mampu melembabkan bibir saat mengaplikasikan lipstik. Sayangnya, kandungan lip balm pada lipstik terkadang kurang mampu mengunci warna lipstik. Rahasia agar lipstik tidak memudar saat banyak mengonsumsi makanan adalah dengan mengaplikasikan lip balm non oily atau lip balm yang tidak berminyak.
source: http://goodtoknow.media.ipcdigital.co.uk/

3. Oleskan Fondation atau Concealer

Tahap ketiga setelah mengoleskan lip balm yaitu mengoleskan fondation atau concealer pada bibir. Jangan terlalu tebal, oleskan tipis-tipis sehingga warna pink alami bibir tidak tertutupi. Mengapa kita perlu melapisi bibir dengan fondation? Sama halnya saat kita akan mengaplikasikan bedak di wajah, kita memerlukan fondation agar lipstik tidak luntur saat bibir kita terkena air. Selain itu, fondation dapat membuat warna lipstik menjadi lebih nyata.
source: https://gheedmaassarani.files.wordpress.com/

4. Gunakan Lip Liner

Pentingnya menggunakan lip liner tidak hanya untuk menyempurnakan garis bibir tetapi juga dapat membuat lipstik lebih awet karena kandungan lip liner yang cenderung kering. Gunakan warna lip liner yang senada dengan warna lipstik kamu, ya. Setelah lip liner terbentuk sempurna, oleskan lipstik kesayangan. Disarankan untuk menggunakan kuas untuk mendapatkan hasil yang merata sempurna.
source: https://lh5.googleusercontent.com/

5. Bubuhi Bedak Tabur

Yap! Bedak tabur adalah rahasia terakhir agar warna lipstik tetap menempel sempurna. Caranya, ambillah tisu. Tempelkan pada bibir, tidak perlu ditekan. Ambillah bedak tabur dengan menggunakan kuas, ketuk sedikit agar tidak menyisakan gumpalan pada ujung kuas. Bubuhkan pada tisu yang menempel di permukaan bibir.
source: http://images.divinecaroline.mdpcdn.com/
Jika ingin tampilan bibir yang lebih glossy, tambahkan lip gloss tanpa membubuhkan bedak tabur pada bibir. Ingat, bibir kita tidak dapat menjadi glossy sepanjang hari. Oleh karena itu kita tetap harus menambahkannya setiap kali bibir mulai tampak tidak mengkilap. Cara tersebut tetap membuat warna lipstik tetap awet, namun tidak untuk lip gloss yang memang harus dioleskan beberapa kali. Untuk tampilan yang lebih matte, kita dapat menggunakan jenis lipstik apapun karena butiran bedak mampu menyerap minyak dan menjadikannya lebih matte. Dengan memanfaatkan langkah di atas, baik lipstik matte ataupun lipstik bertekstur creamy akan awet sepanjang hari.
“Pour yourself a drink, put on some lipstick and pull yourself together – Elisabeth Taylor.”