Koper yang Mudah Didorong


Masukkan semua barang bawaan ke dalam koper beroda 4 agar mudah mendorongnya. Kalau kamu membawa tas jinjing atau koper beroda 2, dikhawatirkan punggung atau pundakmu cepat lelah.
source: http://www.gettyimages.com/detail/photo/woman-rolling-luggage-in-airport-high-res-stock-photography/149316395

Bantal Leher


Kehamilan dapat membuat perjalananmu terasa lebih lelah dari biasanya. Usahakan untuk tidur setiap ada kesempatan dan gunakan bantal leher agar leher dapat tersangga dengan baik, sehingga kamu akan merasa lebih nyaman saat istirahat.
source: http://www.wikihow.com/Use-a-Neck-Pillow

Tempat Minum Lipat


Salah satu hal paling penting selama kehamilan adalah menjaga cairan di dalam tubuh. Jadi bawalah tempat minum lipat yang praktis dan bisa diisi ulang dari keran air minum di ruang tunggu bandara.
source: http://frompdxwithlove.com/13784/giveaways/vapur-reviewgiveaway/2012/

Surat Keterangan Dokter


Untuk ibu dengan usia kandungan di atas 28 minggu, wajib bepergian dengan membawa surat keterangan dokter. Pastikan surat ini ada di dalam tas, dan berikan pada perwakilan maskapai penerbangan.
source: http://merries.co.id/pregnancy/bolehkan-naik-pesawat-saat-hamil/

Asuransi Perjalanan


Pastikan kamu membeli asuransi perjalanan yang meng-cover kehamilan. Hal-hal tak terduga bisa saja terjadi selama perjalanan. Apalagi jika terjadi di luar negeri, biayanya tidak akan murah, lho.
source: https://www.blibur.com/blog/travel-tips/trik-memilih-asuransi-perjalanan-yang-tepat/

Obat-Obatan dan Vitamin


Bepergian dengan pesawat dapat membuatmu merasa mual atau mulas. Pastikan kamu membawa obat-obatan yang diresepkan oleh dokter kandungan. Bawa juga vitamin untuk menjaga kondisi tubuh dan janin agar tetap fit.
source: http://health.kompas.com/obatvitamin

Kaus Kaki


Kehamilan juga dapat membuat kakimu membengkak, apalagi saat naik pesawat dengan jam terbang yang cukup lama. Bawa selalu kaus kaki khusus untuk digunakan di pesawat untuk mencegah kakimu membengkak.
source: http://id.theasianparent.com/kaki-bengkak-saat-hamil/
Pastikan kamu membawa benda-benda di atas ya. Semoga perjalananmu menyenangkan, Minasan!