1. Tentukan Minat


Apakah kamu ingin pergi ke pantai, gunung, atau belanja di kota besar? Apakah kamu menyukai wisata alam atau tempat-tempat bersejarah? Tentukan terlebih dahulu wisata seperti apa yang kamu inginkan.
source: http://imgkid.com/woman-on-the-beach-painting.shtml

2. Visa


Bepergian ke luar negeri identik dengan visa. Apakah kamu siap mengajukan visa? Kalau kamu tidak ingin repot mengurus visa, pergilah ke negara-negara ASEAN yang bebas visa, atau yang menerapkan visa on arrival.
source: http://skift.com/2013/02/12/visa-on-arrival-the-new-currency-in-global-travel-2/

3. Budget


Tergantung dari budget yang siap kamu keluarkan, kamu bisa memilih destinasi yang jauh atau dekat. Kalau kamu memiliki budget lebih, kamu bisa mencoba bepergian ke negara yang agak jauh seperti Jepang, Korea Selatan, Eropa, atau Amerika.
source: http://q10travelandtours.com.ph/create-a-travel-budget-you-can-stick-to/

4. Bahasa


Apakah kamu lebih ke suka ke negara berbahasa Inggris atau ingin tantangan lebih besar? Sesuaikan dengan kemampuanmu ya.
source: http://new-tableware-promo.wooshop.co.uk/tag/transparen/page/4

5. Waktu yang Tepat


Kalau kamu enggak kuat dengan udara dingin, sebaiknya jangan pergi ke Eropa di musim dingin seperti di bulan Desember. Kalau kamu ingin pergi ke pantai, jangan pergi ke Australia di bulan Juni karena di sana sedang bersalju. Cari tahu waktu terbaik untuk mengunjungi suatu negara, ya.
source: http://www.couriermail.com.au/ipad/killer-freeze-hits-europe/story-fn6ck55c-1226257844614?nk=e583834590b7cf9926a6523dcf656703

6. Teman Bepergian


Kamu hendak pergi sendirian, dengan keluarga, teman-teman atau pasangan kamu? Kalau sendirian, pilihlah tujuan seperti kota besar yang aman. Jika dengan keluarga atau teman-teman, kamu bisa mengunjungi taman bermain. Kalau dengan pasangan, kamu bisa memilih spot-spot romantis seperti pantai.
source: http://hotels-fairy.com/hectic-holiday-travel/

7. Ikuti Kata Hati


Masih belum mendapat destinasi yang cocok? Kalau begitu pejamkan matamu, dan bayangkan kamu berada di suatu tempat yang dapat membuatmu rileks dan senang. Ikuti kata hatimu dan pergilah ke sana!
source: http://bonisena.blog.ugm.ac.id/index.php/ikuti-kata-hatimu-berkarir-dengan-hati/