1. Istrahat Cukup

Persiapan fisik menjadi hal utama yang harus kamu perhatikan. Terutama bila mudik dengan kendaraan pribadi yang membutuhkan waktu lama di perjalanan. Kamu bisa melakukan perjalanan malam hari karena udara lebih sejuk dibandingkan siang hari yang panas.
source: http://melindahospital.com/artikel/2820/tidur-dan-istirahat-cukup-setelah-melahirkan.html

2. Olahraga Kecil

Cari tempat peristirahatan yang nyaman dan memungkinkan untuk buang air kecil. Pastikan kamu juga tidak menahan buang air yang bisa menyebabkan infeksi saluran kencing. Perjalanan jauh juga membuat tubuh kelelahan dan kaku. Lakukan olahraga kecil seperti relaksasi untuk tangan, kaki dan leher.
source: http://health.liputan6.com/read/2317465/pijat-5-titik-ini-agar-tubuh-lebih-berenergi

3. Persiapkan Bekal

Persiapkan bekal makanan yang cukup selama perjalanan. Namun bila kamu menjalankan ibadah puasa, persiapkan bekal makanan kecil untuk berbuka puasa. Pilih makanan kering karena perjalanan dalam waktu panjang membuat makanan basah tidak tahan lama. Bila kamu membawa nasi dan lauk pauk sebaiknya perkirakan untuk dimakan pada saat buka puasa masih dalam kondisi baik.
source: http://www.heinzabc.co.id/tips-trick/bekal-puasa-saat-mudik-5692d993-a2b2-4e5a-9104-c68f91e06a9f

4. Membawa Obat-Obatan Kecil

Jangan lupa membawa obat-obatan kecil seperti minyak kayu putih, obat diare, obat sakit kepala dan mual muntah. Selain itu bawa obat-obatan penting yang harus kamu gunakan karena penyakit tertentu. Kondisi perjalanan selama mudik tidak bisa diprediksi. Obat-obat ini menjadi pertolongan pertama saat kamu berada dalam perjalanan.
source: http://www.kotakgame.com/minifeature/detail/0/1496/Diary-Kru-KotGa-5-Amunisi-Yang-Biasanya-Diperluka

5. Membawa Barang Secukupnya

Hindari membawa barang terlalu banyak karena justru menyusahkan diri sendiri. Bawa barang yang memang sangat dibutuhkan terutama bagi wanita yang seringkali membawa banyak baju dan makeup. Pilih makeup yang multifungsi dan kemasannya kecil agar lebih mudah dibawa.
source: http://news.okezone.com/read/2015/07/14/65/1181510/tips-mudik-untuk-mahasiswa

6. Hindari Makan Makanan di Pinggir Jalan

Lebih baik kamu membawa bekal sendiri karena kebersihannya bisa terjaga dengan baik. Bila harus membeli di luar sebaiknya pilih makanan yang tertutup dan kemasannya bagus. Periksa juga tanggal kadaluarsa agar makanan tetap aman dikonsumsi. Hati-hati karena kondisi mendesak dalam perjalanan seringkali tidak memperhatikan makanan yang kita konsumsi.
source: http://waspada.co.id/ragam/tips-agar-rajin-minum-air-putih/